5 Produk Teknologi 'Retro' yang Masih Mahal dan Layak Beli!

TEKNOLOGI | 10 Agustus 2019 00:01 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Teknologi saat ini makin canggih dan makin luar biasa. Tentu saja teknologi mampu mencapai titik ini karena banyak sekali hal yang telah dilalui.

Hal ini adalah sesuatu yang menarik untuk disimak, terlebih lagi menilik apa saja gadget lawas yang menandai canggihnya teknologi suatu masa.

Meskipun banyak sekali gadget retro yang sudah tak lagi sesuai dengan teknologi masa kini, gadget-agdget ini punya banderol harga yang mahal. Tiap gadget bisa dihargai jutaan hingga puluhan juta.

Nah, berikut ini adalah deretan gadget retro yang masih mahal dan layak beli, melansir Business Insider.

1 dari 5 halaman

Sony TPS-L2 Walkman

Saat ini kita sudah terbiasa mendengarkan musik dari smartphone kita lewat layanan streaming. Namun di zaman dahulu, semuanya sangat berbeda. Sebelumnya, ada MP3 Player, ada CD Player, dan beberapa dekade lalu, walkman dengan kaset tape-nya.

Nah, walkman besutan Sony ini dirilis 40 tahun yang lalu, yakni 1979. Namun walkman ini populer karena kemunculannya di film Guardians of the Galaxy. Menurut Money Inc, Walkman ini dibanderol 300 dollar hingga 700 dollar.

2 dari 5 halaman

Exertainment Exercise Bike

Sebelum ada video game berbasis AR dan VR, para developer dari beberapa dekade lalu mencoba mengembangkan gim yang lebih immersif. Hal ini berbuah sebuah produk hasil kerjasama Life Fitness dan Nintendo, yakni Exertainment.

Ini adalah sebuah sepeda statis yang biasa kita temui di gym, namun disambungkan ke Nintendo. Terdapat beberapa gim yang didesain untuk bisa dimainkan dengan sepeda ini, seperti Mountain Bike Rally, dan Speed Racer.

Saat ini, selain gim-gim ini hampir mustahil didapatkan. Menurut Kotaku, para kolektor berani membayar hingga 2.700 Dollar atau hampir Rp40 juta untuk gim dan sepeda Exertainment ini. Seseorang sendiri menjualnya di eBay dengan harga 7.500 Dollar atau lebih dari Rp100 Juta.

3 dari 5 halaman

iPhone

iPhone pertama lahir di tahun 2007 lalu. Saat ini, iPhone sudah memiliki lebih dari 10 generasi, dan iPhone pertama adalah tonggak sejarah yang luar biasa.

Nah, jika di Indonesia Anda masih sering melihat 'benda' ini, di dunia barat, Popular Mechanics menyebut bahwa iPhone yang masih berfungsi normal dengan kelengkapan yang komplet sekaligus kotaknya, bisa dijual hingga 15.000 Dollar, atau lebih dari Rp200 juta.

4 dari 5 halaman

Xerox Alto

Kita mengenal Xerox sebagai mesin fotokopi. Namun di tahun 70an, Xerox memproduksi komputer yang dijual ke kampus-kampus. Namun komputer yang tak dijual bebas ini ternyata justru revolusioner.

Pasalnya, ini adalah komputer dengan laman antarmuka yang memperkenalkan konsep mouse. Hal ini menginspirasi Apple Macintosh untuk membuat OS dengan konsep serupa di tahun 1984.

Menurut Popular Mechanics, seseorang menjual komputer Xerox Alto yang sudah tak berfungsi dengan harga 30.000 Dollar atau hampir Rp430 juta.

5 dari 5 halaman

Apple I

Sebelum Apple memopulerkan komputer lewat Macintosh, Apple memperkenalkan komputer dekstop pertamanya, yakni Apple I. Komputer ini lahir tahun 1976.

Apple hanya memproduksi 200 unit Apple I dan menjualnya seharga 666,66 Dollar kala itu.

Saat ini, Turbo Future melaporkan bahwa seseorang menjual unit Apple I di eBay dengan harga 390.000 Dollar, atau setara Rp5,5 Milyar. (mdk/idc)

Baca juga:
Syarat ini Terpenuhi, PNS Nantinya Bisa Bekerja dari Rumah
Berbagi Tips Traveling yang Praktis dan Nyaman
OVO Manfaatkan Kinetica Analytic untuk Mengetahui Preferensi Pelanggan
Aksi Manusia Terbang Melintasi Selat Inggris
Ditjen Pajak Anggarkan Rp2,04 Triliun Perbaiki Sistem IT
Blue Power Technology Perkenalkan Terobosan Baru Infrastruktur Teknologi
Bos Bappenas: Blockchain Optimalkan Distribusi Dana Desa

TOPIK TERKAIT