5 Smartphone Flagship 2018 yang Masih Layak Dibeli Tahun Ini

TEKNOLOGI | 3 September 2019 06:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Dengan berbagai alasan, tentu kita tak perlu membeli smartphone terbaru. Salah satu alasannya, adalah smartphone keluaran lawas pun masih bagus dan masih sesuai kebutuhan Anda.

Serta terutama, harga smartphone keluaran lawas punya harga yang lebih murah ketimbang smartphone yang rilis baru-baru saja.

Nah, berikut ini adalah lima buah smartphone flagship yang rilis tahun lalu, namun masih layak dibeli di tahun ini. Bahkan di tahun-tahun mendatang. Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Google Pixel 3

Pixel 4 mungkin akan segera rilis. Namun membeli Pixel generasi ketiga yang harganya sudah jatuh mungkin merupakan keputusan yang tepat.

Pasalnya, dengan prosesor Snapdragon 845 dan RAM 4GB, Pixel 3 series masih jadi salah satu smartphone dengan performa baik.

Terlebih lagi jika mempertimbangkan adanya kamera utama yang merupakan salah satu kamera terbaik di smartphone. Kamera ini dilengkapi fitur canggih seperti Night Sight, Top Shot, dan juga kamera selfie dual kamera.

2 dari 5 halaman

Razer Phone 2

Razer Phone 2 adalah smartphone gaming yang diperkenalkan tahun lalu, namun belum mendapatkan suksesor hingga saat ini. Tentu dengan telah banyaknya kompetitor di segmen smartphone gaming yang telah memiliki update perangkat baru seperti ASUS ROG dan Xiaomi Black Shark, harga dari smartphone ini makin turun.

Padahal, smartphone ini baik di segala aspek. Mulai dari layar dengan rasio refresh 120Hz, prosesor Snapdragon 845, serta RAM 8GB. Belum lagi kualitas layar dan baterainya yang cukup baik.

3 dari 5 halaman

Samsung Galaxy Note 9

Mungkin Galaxy Note 10 baru rilis, namun Note 9 sama sekali bukan gadget yang harus dikesampingkan. Dengan prosesor Exynos 9810 dengan pilihan RAM 6GB atau 8GB, performa Note 9 masih akan baik hingga beberapa tahun ke depan.

Namun jika bicara seri Note dari Samsung, tentu berbagai fitur unggulan adalah yang paling utama. Mulai dari S-Pen canggih, wireless charging, hingga kamera mumpuni. Serta satu hal, Note 9 masih memiliki headphone jack.

4 dari 5 halaman

Sony Xperia XZ3

Xperia Z3 dikenal sebagai flagship Sony yang tidak 'Sony banget.' Terlihat dari bahasa desain yang tak lagi kotak, serta konfigurasi kamera di tengah dan juga adanya pemindai sidik jari yang membuat bagian belakang perangkat tak lagi mulus.

Namun dengan Snapdragon 845 dan RAM 4GB serta perekaman video slow motion hingga 960fps akan menggiurkan Anda. Terlebih lagi, kamera smartphone ini jadi salah satu yang paling jernih dari smartphone di 2018.

Setelah ini, Xperia 2 akan segera rilis. Hal ini akan membuat smartphone ini akan tetap mumpuni namun tertinggal dua generasi. Tentu, faktor ini akan membuat Z3 jadi smartphone yang harganya jatuh dan layak beli.

5 dari 5 halaman

Xiaomi Pocophone F1

Di 2018, smartphone yang digadang-gadang memiliki nilai beli paling masuk akal adalah Pocophone. Bagaimana tidak, dengan harga setara smartphone papan tengah, kita bisa mendapatkan smartphone dengan prosesor Snapdragon 845, RAM 6GB atau 8GB, baterai 4.000mAh, kamera selfie 20MP, serta dual kamera belakang.

Dengan dapur pacu seperti itu, smartphone ini dengan harganya yang murah, masih sangat mumpuni untuk dipakai hingga satu atau dua tahun mendatang. (mdk/idc)

Baca juga:
Bulan ini OPPO Siap Gebrak Pasar dengan Smartphone Terbaru
Smartwatch Adalah Jawaban Atas 'Penyakit' Kecanduan Smartphone, Efektif?
Erajaya Buka Outlet Erafone Megastore 3.0
Sony Dilaporkan Bakal Luncurkan Xperia 2 di IFA 2019
Sistem Android Tak Akan Ada Lagi di Smartphone Huawei Mendatang?
EMUI Besutan Huawei Disebut Tak Sekadar UI Android
Pro Kontra Pengecasan Nirkabel di Smartphone, Butuhkah Anda?