7 Fasilitas baru di Facebook tahun ini

7 Fasilitas baru di Facebook tahun ini
© Digitaltrends.com
TEKNOLOGI | 6 Maret 2012 23:00 Reporter : Dwi Andi Susanto

Merdeka.com - Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial yang selalu melakukan perubahan dan penambahan fasilitas baru dalam mesin online mereka. Tercatat mulai Januari sampai Maret tahun ini, Facebook telah menambahkan berbagai macam fasilitas dan tampilan baru. Pada fMC 2012 Conference lalu, seperti yang termuat dalam Socialmediaexaminer.com, Facebook telah mengembangkan berbagai hal baru untuk para penggunanya. Khususnya untuk para pebisnis yang menggunakan Facebook dalam mempromosikan sekaligus menjual produk mereka, Facebook membuat 7 fasilitas baru.

Timeline

Satu perubahan besar yang dilakukan Facebook adalah merubah tampilan awal yang disebut Timeline. Fasilitas ini memungkinkan para pebisnis untuk menampilkan gambar produk atau tempat bisnis mereka dengan ukuran besar. Gambar yang dapat dimuat dalam tampilan Timeline ini harus mempunyai resolusi maksimal sebesar 850 x 315 pixel. Sayangnya, masih terdapat beberapa hal yang minus dalam pemakaian Timeline ini. Salah satunya adalah, tampilan Timeline ini bersifat paten dan tidak bisa diubah menjadi tampilan lama Facebook lagi.

Tampilan lebar dan besar untuk video dan gambar

Sekarang pengguna Facebook khususnya para pebisnis dapat menampilkan suatu gambar atau video dalam ukuran besar. Untuk masalah buffering, masih tergantung pada koneksitas internet setiap penggunanya. Fasilitas ini berfungsi untuk membantu presentasi dengan lebih mudah. Gambar dan videonya dapat diatur untuk selalu berada di posting teratas selama seminggu.

Milestone

fasilitas ini akan lebih membuat tampilan Timeline Anda menarik. Dengan Milestone, Anda dapat menghubungi atau bahkan menceritakan mengenai suatu acara yang Anda atau perusahaan di tempat Anda bekerja lakukan. Para pengunjung account Facebook Anda mungkin akan meluangkan beberapa saat untuk membaca ringkasan cerita dari Milestone Timeline Anda, daripada hanya sekedar datang dan mengomentari status terbaru Anda saja.

Tampilan aplikasi

Pengguna Facebook juga akan dimanja dengan kemudahan menampilkan aplikasi seperti folder foto, notes, jumlah pages like, dan berbagai macam lainnya dalam satu baris. Hanya saja, untuk lebih menghemat tempat, Facebook membatasi tiga sampai empat aplikasi yang dapat muncul di halaman Timeline depan, untuk aplikasi lainnya, dapat muncul setelah Anda menekan tombol kecil di sebelah kanannya. Anda juga dapat mengganti gambar dan memberi nama untuk setiap folder aplikasi yang muncul di halaman depan. Untuk gambar, harus mempunyai resolusi maksimal sebesar 111 x 74 pixel.

Facebook Offers

Sampai saat ini tercatat masih sangat sedikit pengguna dari fasilitas ini. Mungkin dikarenakan masih tergolong baru dan kurang begitu terekspos secara luas, maka aplikasi menarik ini seakan-akan terabaikan. Facebook Offers ini adalah fasilitas lelang secara online yang dapat diakses oleh semua orang, walaupun tidak termasuk dalam daftar friend list atau group list. Kelemahan dari fasilitas ini adalah membutuhkan bandwidth internet yang cukup besar untuk ikut dalam program lelangnya. Facebook menjelaskan bahwa fasilitas ini masih tergolong beta, dan apabila sudah berhasil disempurnakan maka akan terdapat sistem pengaturan lain yang memungkinkan para penjual dapat memilih siapa saja yang dapat ikut dalam lingkup lelang.

Admin Panel

Apabila Anda termasuk pengguna Facebook, maka Anda sekarang dapat mengakses Admin Panel dalam account Facebook Anda. Admin Panel ini berfungsi untuk melihat segala hal yang berhubungan dengan aktifitas yang terjadi di account Facebook Anda sekaligus terdapat berbagai pengaturan-pengaturan lain di dalamnya. Di halaman Admin panel ini, Anda juga dapat melihat traffic page view dan traffic like view berupa diagram beserta total jumlah pada saat itu.

Reach Generator

Sesuai dengan kesepakatan yang telah diambil ketika dilaksanakannya fMC Conference 2012 kemarin, bahwa aplikasi baru ini sangatlah berguna bagi para pebisnis yang menggunakan jasa layanan Facebook dalam mempromosikan sekaligus menjual produk mereka. Mike Hoefflinger, pimpinan dari Global Business Marketing Facebook mengatakan bahwa Reach Generator dapat meningkatkan penghasilan iklan suatu perusahaan lebih dari 50%. Fasilitas ini masih tergolong beta dan akan diterapkan sistem berbayar untuk Premium Reach Generator. Premium Reach Generator berisi lebih banyak fasilitas menarik dibanding Reach Generator yang gratisan. Salah satu contohnya adalah produk dari pengguna yang premium dapat selalu muncul di news feed dan dapat diakses melalui mobile.

Nampaknya, fMC Conference 2012 kemarin membuat suatu perubahan yang sangat besar dalam Facebook. Apabila para pengguna Facebook jeli, maka fasilitas Timeline ataupun fasilitas lainnya dapat dijadikan mesin uang.

(mdk/das)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami