7 Hal Luar Biasa yang Tak Disadari Mampu Dilakukan Otak Manusia!

TEKNOLOGI | 17 Juli 2019 00:01 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Kita tentu sudah mengetahui betapa canggihnya organ utama kita yakni otak. Meski semua hal yang kita ketahui tentang otak memang sudah luar biasa, ternyata masih banyak hal luar biasa yang bisa dilakukan otak kita.

Berdasarkan banyak sekali penelitian sistem saraf, ternyata banyak sekali wawasan mendalam yang belum kita ketahui soal kemampuan otak kita. Semua kemampuan ini tak kita sadari sebelumnya dan bahkan kita tak tahu otak kita bisa melakukannya secara alami.

Nah, berikut deretan hal luar biasa yang bisa dilakukan oleh otak manusia, melansir Listverse.

1 dari 7 halaman

Mengetahui Mata Angin Seperti Kompas

Kemampuan otak untuk merasakan medan magnet Bumi sebenarnya sudah banyak diteliti namun dengan subjek binatang. Hal ini telah terbukti untuk para burung untuk navigasi dan migrasi. Nah, ternyata manusia juga memilikinya, namun tak sebaik binatang.

Dalam sebuah studi yang dikutip oleh The Conversation, 84 partisipan ditempatkan di sangkar Faraday yang merupakan kotak tanpa gangguan elektromagnetik.

Lalu para ilmuwan menciptakan medan magnet buatan dan secara bertahap mengubah orientasinya dan mengamati reaksi otak partisipan.

Hasilnya, terdapat reaksi pasti di bagian otak yang menanggapi rangsangan elektromagnetik. Meski demikian, para peserta tak merasakan apapun secara sadar. Ilmuwan sendiri menyebut bahwa manusia hanya akan bereaksi ke medan magnet Bumi yakni utara dan selatan.

2 dari 7 halaman

Alarm Otak

Sudah sejak lama kita sering mendengar soal alarm alami tubuh. Ketika kita berniat bangun di jam tertentu, kita benar akan terbangun. Nah, hal ini terbukti nyata.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan di RD.com, alarm tubuh efektif membangunkan Anda sebelum waktu yang Anda niatkan. Namun ada satu syarat, yakni jadwal tidur reguler Anda haruslah teratur.

Jadi jangan heran jika Anda orang yang diharuskan bangun pagi, seringkali Anda sendiri terbangun sebelum alarm berbunyi. Itu adalah kehebatan otak Anda.

3 dari 7 halaman

Modus Autopilot

Kita mengetahui modus autopilot adalah bagaimana kendaraan bisa mengendarai sendiri tanpa campur tangan kita. Nah, otak kita seringkali bisa menangani hal semacam itu.

Benar, tubuh kita bisa mengambil alih berbagai kegiatan yang kita lakukan. Bahkan, disebut bahwa modus autopilot manusia adalah hal yang sangat baik dan canggih.

Penelitian menyebutkan bahwa ketika kita sudah sangat baik dalam melakukan sesuatu, otak akan memindahkan pemrosesan tugas tersebut ke wilayah otak terpisah yang disebut jaringan mode default. Jaringan ini berkaitan dengan pemrosesan bawah sadar.

Hal ini biasa kita lakukan untuk hal-hal kecil tanpa kita sadari, seperti mengikat tali sepatu, atau mengendarai mobil. Namun penelitian mencoba ke hal yang lebih rumit dan memantau aktivitas otak, seperti bermain kartu. Makin mahir main kartu, aktivitas berpindah ke jaringan default.

4 dari 7 halaman

Memprediksi Masa Depan

Ilmu pengetahuan tentu tak terlalu suka membicarakan soal cenayang atau ramalan masa depan. Namun otak kita sebenarnya bisa melakukannya, meski yang dimaksud masa depan adalah masa depan yang benar-benar segera terjadi dalam hitungan detik.

Hal ini bisa dilakukan oleh otak karena keterlambatan informasi dari mata ke otak. Otak akhirnya membuat prediksi sendiri soal apa yang akan terjadi selanjutnya, dan hal ini akan semakin akurat seiring bertambahnya usia sistem ini berdasar dari perilaku kita sehari-hari.

Nah, ketika kita secara refleks menghindarkan ponsel kita dari jatuh ke air, atau kesigapan tubuh ketika akan jatuh ketika mengendarai motor, semua itu adalah karena otak kita telah memprediksinya.

5 dari 7 halaman

Kesadaran 360 Derajat

Adegan paling standar di film horor adalah tokoh utama yang merasa diikuti dari belakang. Namun hal ini bukanlah kebohongan sinema semata.

Setiap manusia memiliki "indra keenam" berupa kesadaran 360 derajat, sehingga kita akan mengalami perasaan tak nyaman jika kita terasa diikuti atau terasa ada seseorang di belakang padahal seharusnya tak ada.

Studi telah menemukan bahwa kemampuan mendengar kita akan lebih baik dan lebih akurat dalam mendeteksi sesuatu yang tak bisa kita jangkau dengan mata. Hal ini sudah cukup untuk membuat otak kita punya gambaran kasar tentang keadaan di sekitar kita.

6 dari 7 halaman

Belajar Hanya Dengan Membayangkan

Sudah jadi rahasia umum untuk jadi mahir dalam sesuatu, kita harus berlatih atau praktik. Namun jika praktik tersebut membutuhkan objek lain, seperti berlatih musik, kita hanya butuh membayangkannya saja dan itu sudah terhitung berlatih.

Menurut studi, sekadar membayangkan berlatih piano saja mempunyai efek yang sama dengan berlatih piano dengan sesungguhnya.

Hal ini bahkan telah dibuktikan sejak lama, yakni tahun 1990. Ketika itu, studi soal bermain piano secara imajiner dan asli dibuktikan dengan pemetaan otak. Dan Benar, keduanya punya efek yang sama.

7 dari 7 halaman

Menghakimi Seseorang (Namun Dengan Akurat)

Akan sulit jika kita bertemu seseorang untuk pertamakalinya, namun kita tak melakukan 'pemindaian' dari atas hingga bawah dan menghakimi berbagai hal, mulai dari selera fashion dan penampilan, serta hal lainnya. Tentu hal ini cukup kasar jika kita benar-benar sampaikan. Ini hanya boleh dalam hati!

Namun ketika kita secara sadar melakukan hal tersebut, otak kita sendiri juga melakukannya dan membuat sebuah 'profil' tentang seseorang tersebut. Hebatnya, profil ini akurat.

Riset menyebut bahwa otak kita akan membuat penghakiman terhadap seseorang hanya dalam 0,1 detik saja. Namun seringkali manusia mengabaikan penghakiman otak ini dan lebih mempercayai apa yang telah dipercaya olehnya. Ini yang biasa disebut stereotip dan hal ini seringkali tak akurat. (mdk/idc)

Baca juga:
Saksikan Gerhana Bulan Parsial Malam Ini, Terakhir Dalam Dua Tahun ke Depan!
Studi Sebut Streaming Pornografi Tak Ramah Lingkungan
5 Gim Seru ini Bisa Tingkatkan Konsentrasi, Mau Coba?
Begini Prediksi Iklim dan Temperatur Indonesia 30 Tahun ke Depan, Makin Gerah?
Cara Belajar Paling Ampuh Berdasarkan Sains, Belajar Jadi Mudah dan Efektif!
Saturnus Berada di Posisi Dekat Bumi, Bisa Dilihat Dengan Mata Telanjang!