7 Tahun berkiprah, iPhone sangat membosankan!

7 Tahun berkiprah, iPhone sangat membosankan!
TEKNOLOGI | 15 Januari 2014 00:01 Reporter : Yoga Tri Priyanto

Merdeka.com - Pada tanggal 9 Januari kemarin, iPhone resmi berulang tahun ke-7. Selama 7 tahun berkiprah di jagat teknologi, iPhone telah membuat perbaikan demi perbaikan untuk menarik pasar lebih banyak di tiap tahunnya.

Namun sayangnya, perbaikan dari segi fitur, spesifikasi, keunggulan, dan sebagainya itu, tidak diimbangi dengan inovasi desain yang berarti. Intinya, desain dari iPhone sangatlah membosankan mulai dari awal perilisannya hingga yang terbaru ini.

Untuk lebih jelasnya, inilah desain iPhone dari masa ke masa.

1 dari 8 halaman

iPhone

iPhone. ©2014 Merdeka.com

Rilis pada tahun 2007 lalu, iPhone generasi pertama ini membuat banyak orang berdecak kagum. Dengan mengusung body mungil dan cenderung tebal, iPhone ini dibanderol dengan harga tinggi kala itu. Desain smartphone pertama Apple ini menghadirkan tombol home di bagian bawah tengah seperti yang Anda lihat pada gambar di atas.

2 dari 8 halaman

iPhone 3G

rev1iPhone 3G. ©2014 Merdeka.com

iPhone 3G ini merupakan generasi kedua dari smartphone milik Apple. Fitur baru yang diusung dari perangkat ini adalah hadirnya GPS. Desainnya sedikit berubah dari segi warna, namun secara keseluruhan masih sama, yaitu menghadirkan satu tombol di tengah bagian bawah. Selain itu tidak ada lagi tombol lain, kecuali volume di sisi kiri atas.

3 dari 8 halaman

iPhone 3GS

rev1iPhone 3GS. ©©2012 Merdeka.com

Dirilis pada 19 Juni 2009, iPhone 3GS menghadirkan kinerja yang lebih mumpuni. Sebab perangkat ini menggunakan prosesor terbaru kala itu dan dukungan kamera yang juga menawan. Namun sayangnya, desainnya kembali sama seperti sebelumnya, yaitu tombol home yang masih 'nangkring' di posisi itu.

4 dari 8 halaman

iPhone 4

rev5iPhone 4. ©2014 Merdeka.com

24 Juni 2010 menjadi sejarah lahirnya iPhone 4 dengan mengusung teknologi Retina Display. Teknologi tersebut berhasil meningkatkan ketajaman layar smartphone ini. Selain itu ada pula dukungan dari prosesor anyar, yaitu A4 dan kamera 5MP. Kehadiran prosesor A4 membuatnya mampu multitasking.

Sekali lagi, Anda melihat iPhone 4 masih mengusung tombol home di tempat yang sama. Desainnya terkesan tak memiliki inovasi, meskipun itu terlihat lebih tipis dari sebelumnya.

5 dari 8 halaman

iPhone 4S

rev1iPhone 4S. ©2012 Apple

Prosesor dari generasi kelima iPhone ini diperbarui dengan dual-core. Fitur baru yang dimiliki adalah Siri, iCloud, dan sebagainya. Perangkat ini dirilis pada tanggal 4 Oktober 2011, dan sehari setelahnya 5 Oktober 2011, Sang Pendiri sekaligus CEO Apple, Steve Jobs meninggal dunia karena penyakit kanker.

Hingga Steve Jobs meninggal, desain iPhone 4S tidak berubah dengan generasi yang sebelumnya. Bahkan cenderung sama dengan iPhone 4. Tombol home pun masih bertahan di tempat yang sama.

6 dari 8 halaman

iPhone 5

rev6iPhone 5. ©©2012 Merdeka.com

Di sini, iPhone memiliki perubahan ukuran layar, yaitu menjadi 4inci. Namun lagi-lagi Apple tidak mengubah bentuk iPhone yang masih 'itu-itu saja'.

7 dari 8 halaman

iPhone 5C

rev1iPhone 5C. ©2013 Merdeka.com

20 September 2013 lalu menjadi hari lahirnya iPhone 5C. Secara keseluruhan, desainnya sama sekali tidak berubah, kecuali bahan casing yang digunakan. iPhone 5C mengusung bahan lastik, karena dianggap sebagai smartphone murah ala Apple. Tapi ketahuilah, itu tidak benar-benar murah.

8 dari 8 halaman

iPhone 5S

rev1iPhone 5S. ©2013 Merdeka.com

Smartphone ini dirilis bersamaan dengan iPhone 5C, yaitu pada tanggal 20 September. Bedanya, iPhone 5S ini memiliki keunggulan dengan mengusung teknologi sensor sidik jari. Sebagai fitur itu sangat baru dan inovatif.

Sayangnya, desainnya masih tetap sama dan membosankan. Apa pendapat Anda?

Mungkinkah Apple memiliki idealisme dan mengesampingkan pasar? Ataukah memang ini patern yang sengaja dibuat Apple untuk membuat iPhone terlihat elegan? Berikan pendapat Anda.

Baca juga:
Jangan 'panggang' atau 'bekukan' iPhone
iPhone mulai ditinggalkan
Smartlet, membuat iPhone Anda rasa smartwatch
Pengguna Blackberry lebih bodoh dari iPhone
Inilah alasan smartphone Samsung lebih murah dari iPhone

(mdk/ega)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami