75 persen jaringan telekomunikasi di Palu kembali normal

TEKNOLOGI | 9 Oktober 2018 14:02 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkomimfo) menyatakan hingga hari ke-10, pasca-bencana gempa bumi dan tsunami di wilayah Sulawesi Tengah, jaringan telekomunikasi seluler yang sudah berfungsi mencapai 75,65 persen atau sebanyak 2662 BTS yang aktif.

Bahkan, sebanyak 64 unit telepon satelit telah didistribusikan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemkominfo ke posko-posko penanganan pengungsi di wilayah Sulawesi Tengah.

"Jadi, petugas dan warga dapat menggunakan telepon satelit tersebut untuk koordinasi dan komunikasi percepatan pemulihan pasca-bencana," jelas Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo, Ferdinandus Setu melalui keterangan persnya, Selasa (9/10).

Dilanjutkannya, dari 19 perangkat internet satelit yang disiapkan BAKTI Kemkominfo sebanyak 11 perangkat yang sudah berfungsi dan telah tersebar di posko-posko di Kota Palu.

"Sebanyak 8 perangkat akan sedang dipasang di Kota Donggala dan Sigi," kata pria yang akrab disapa Nando ini.

Sebelumnya, pasca gempa dan tsunami terjadi, layanan komunikasi terputus. Hal ini disebabkan pasokan listrik dari PLN mati. Namun saat ini, pelan pelan keadaan tersebut berangsur membaik dan layanan komunikasi juga mulai beranjak bisa digunakan.

(mdk/hhw)