9 Produk Terbaik Jony Ive Untuk Apple, Mulai iPhone Hingga Apple Park!

TEKNOLOGI | 28 Juni 2019 11:17 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Berita menghebohkan muncul dari dunia teknologi pasalnya bos desain dari Apple yang terkenal revolusioner yakni Jony Ive, mengundurkan diri untuk mendirikan perusahaan desainnya sendiri.

Setelah hampir 3 dekade mengabdi pada Apple, perusahaannya sendiri yang akan diberi nama LoveForm, nantinya juga akan bekerjasama dengan Apple sebagai klien utama.

Berdasarkan 30 tahun kiprahnya di raksasa teknologi besutan Steve Jobs tersebut, ada banyak sekali gadget revolusioner yang mengubah peta permainan industri teknologi, khususnya mobile.

Nah, mari kita bahas apa saja produk terbaik yang dibesut Jony Ive untuk Apple, melansir laman CNBC berikut ini.

1. iMac G3

iMac G3 adalah komputer Apple yang dikenal di medio 90an dengan karakteristik CPU yang diletakkan dalam layar, sehingga nampak tanpa tabung yang biasa terpisah dari layar. Hal ini dianggap sebagai keputusan desain yang jenius yang membuat Apple dipandang sebagai produk papan atas.

2. PowerMac G4 Cube

Kami pernah menulis kalau PowerMac G4 Cube adalah salah satu produk gagal Apple. Namun tak bisa dipungkiri, desain Jony Ive di komputer ini sangatlah menarik. Komputer desktop ini sendiri tak pelak jadi komputer dengan bentuk paling menarik pada zamannya.

©2018 Merdeka.com

Tak tanggung-tanggung, komputer ini bahkan sekarang dipajang di Museum of Modern Art di New York.

Harus diakui, komputer ini meski telah berusia dua dekade, desainnya lebih bagus ketimbang kebanyakan komputer zaman sekarang.

3. iPod

iPod adalah music player milik Apple yang jadi tren besar sejak rilisnya tahun 2001 lalu. Karakteristik paling disukai adalah desain roda di deretan iPod seperti Nano, yang tinggal kita putar untuk browsing lagu, menaikkan dan menurunkan volume, dan masih banyak fungsi lainnya. Kini iPod sudah menurun popularitasnya namun Apple masih merilis veri baru dari iPod Touch di 2019 ini.

©2012 Merdeka.com

4. iPhone

Tanpa perlu mencari tahu itu ponsel apa, dari bentuk desain dan juga berbagai karakteristik, iPhone tentu sudah sangat mencolok. Mungkin ini adalah desain Ive paling revolusioner dari semua produk Apple.

CNET

Bagaimana tidak, iPhone jadi sangat populer untuk dicontoh desainnya, mulai dari langsungnya desain, ergonomis genggamannya, serta yang paling masif tentu notch atau poni yang muncul di iPhone X 2 tahun lalu.

5. iPad

Kesan premium selalu muncul dari tablet besutan Apple ini, yakni iPad. Penguasa pasar tablet dunia ini pun punya berbagai varian dan meski di varian terlawas dengan harga termurah pun, kita tidak bisa memungkiri betapa elegannya iPad ketika digunakan.

© phonearena.com

6. MacBook Air

MacBook Air adalah pelopor laptop tipis di industri notebook. Dengan berbagai pertimbangan pun, ini adalah salah satu produk terbaik Ive. Pasalnya, desain keyboard yang futuristik namun tetap nyaman digunakan, terlebih untuk kondisi mobile.

© YouTube

7. Apple Watch

Produk Apple Watch adalah aksesoris canggih yang kini sedang populer di masyarakat karena fungsinya yang berguna untuk kesehatan. Sudah tak terhitung berapa kali Apple Watch mencegah seseorang dari maut, terutama soal notifikasinya terhadap detak jantung dan denyut nadi yang tak lazim.

©2017 Merdeka.com

Namun semua itu juga berkat balutan desain yang menawan dari Ive, yang memadukan elegannya layar mungkil touchscreen yang futuristik dengan kesan sporty yang muncul dari gelangnya.

8. AirPods

Headphone berkabel adalah hal yang sulit ditinggalkan oleh masyarakat. Kepercayaan akan kabel masih erat mengingat banyaknya gadget nirkabel yang masih belum bisa terkoneksi dengan baik dan masih banyak error. Namun hal ini diruntuhkan oleh AirPods besutan Ive.

©REUTERS/Beck Diefenbach

AirPods tak cuma memastikan kalau earphone nirkabel adalah 'masa depan', Ive juga memastikan desain sederhana yang tak makin memudahkan pengguna dalam menikmati musik.

9. Apple Park

Mungkin ini satu-satunya produk yang bukanlah produk teknologi. Alih-alih, ini adalah markas Apple di Cupertino, California, AS.

© BGR

Tim Cook sendiri menyebut bahwa pembangunan Apple Park ini menyedot perhatian dan energi Ive karena megahnya bangunan ini. Ive pun juga memusatkan perhatian pada pemanfaatkan energi terbarukan seperti panel surya.

Baca juga:
Perancang iPhone Jony Ive Hengkang Dari Apple
Bos Desain Produk Apple Mundur
Samsung Minta Apple Bayar Pinalti soal Layar OLED
Apple Digugat Lantaran iPad Meledak
Baterai Mudah Panas, Beberapa Tipe MacBook Pro 15 Inci Ditarik Apple
30 Persen Produksi Apple Akan Dipindah ke Luar China
Apple Masih Menggenggam Pasar Smartphone Premium

(mdk/idc)