Akibat pemanasan global, hama tanaman berpindah ke kutub utara

TEKNOLOGI | 3 September 2013 14:47 Reporter : Feronika Azmil

Merdeka.com - Sebuah studi yang menyimpulkan bahwa perubahan iklim akibat pemanasan global akan membuat kutub utara menjadi lebih hijau telah terbukti.

Dilansir dari Softpedia (3/9), dalam beberapa tahun terakhir, hama tanaman menyebar 2,7 km lebih mendekati kutub utara di setiap tahun.

Tidak hanya tanaman dan spesies hewan yang akan bergerak menuju kutub utara, hama tanaman dan bahkan wabah penyakit juga akan bergerak mengikuti spesies lain yang berpindah menuju kutub utara.

Beberapa spesies bergerak lebih cepat dibandingkan yang lain. Namun hal ini menunjukkan adanya kecenderungan besar bahwa spesies tersebut mencari tempat baru untuk ditinggali.

Yang paling cepat bergerak dan menyebar adalah jamur dan oomyceter. Organisme ini dilaporkan menyebar mendekati kutub utara dalam rata-rata 7 km per tahun.

Para peneliti meyakini jika organisme hama tanaman dan penyakit bergerak menduduki wilayah baru akan menyebabkan evolusi dan lebih sulit untuk dikendalikan. (mdk/fra)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.