Amazfit GTR 2e, Smartwatch Keren Pendukung Gaya Hidup Sehat

Amazfit GTR 2e, Smartwatch Keren Pendukung Gaya Hidup Sehat
smartwatch Amazfit GTR 2e dan GTS 2e. ©2021 Merdeka.com
TEKNOLOGI | 18 Februari 2021 11:48 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Perangkat smartwatch atau jam tangan pintar semakin populer belakangan ini. Gaya hidup sehat yang banyak dilakoni saat pandemi Covid-19 membuat banyak orang melakukan kegiatan olahraga demi menjaga kesehatannya.

Fitur-fiturnya juga beragam dan bisa membantu kita memantau kondisi kesehatan harian dan berolahraga sekalipun. Salah satu smartwatch yang ada di pasaran adalah Amazfit, yang di awal tahun ini meluncurkan tipe GTR 2e dan GTS 2e.

Merdeka.com mendapat kesempatan menjajal smartwatch andalan Amazfit ini terutama GTR 2e baru-baru ini. Berikut ulasannya:

Pakai Aplikasi Zepp

Untuk menggunakan smartwatch ini, Merdeka.com mesti mengunduh aplikasi mobile Zepp. Setelah aplikasi Zepp terunduh, simpelnya kami tinggal melakukan scan kode QR di smartwatch Amazfit ini. Dengan cepat, GTR 2e terhubung dengan aplikasi Zepp.
Khusus GTR 2e mempunyai dua tombol di sisi kanan, sedangkan GTS 2e hanya satu.

Apa fungsinya?

Tombol pertama berfungsi untuk menampilkan menu umum, seperti tampilan depan (cover), target aktivitas, PAI, detak jantung, musik, cuaca, suhu, PAI, alarm, dan pengaturan.

Sementara tombol kedua berisi menu aktivitas/olahraga. Rinciannya, ada lari luar ruangan, berjalan, bersepeda luar ruang, treadmill, bersepeda dalam ruang, berenang di kolam, berenang di perairan terbuka, elliptical trainer, memanjat, trail run, ski, dan latihan bebas.

Kami menggunakan fitur ini saat berolahraga seperti lari di luar ruangan dan futsal. Tujuannya untuk memantau target aktivitas dan detak jantung.

Bentuk dan Desain

Amazfit GTR 2e memiliki layar lebih besar dari GTS 2e. Berbentuk bulat, jam tangan pintar ini sangat ringan di tangan, hanya 32 gram. Bodinya alumunium dengan tali jam berbahan karet yang lentur tapi kuat.

Layar bulat GTR 2e berteknologi layar sentuh AMOLED 1,39 inci dengan kerapatan piksel 326 ppi. Dimensinya 46,5 mm x 46,5 x 10,8.

Menariknya, cover jam tangan pintar ini memiliki 8 model, yang bisa kami ganti-ganti supaya tidak bosan. Dari model klasik analog, digital, hingga sport. Di beberapa cover ini juga ditampilkan informasi denyut jantung, kondisi baterai, jumlah langkah, dan sebagainya.

2 dari 3 halaman

Daya Baterai

smartwatch amazfit gtr 2e dan gts 2e
©2021 Merdeka.com

Pengisian baterai jam tangan pintar ini model magnetik, sehingga kabel catu daya langsung menempel dengan bagian belakang jam untuk menambah daya baterai.

GTR 2e memiliki baterai berkapasitas 471 mAh, sedangkan GTS 2e lebih kecil; 246 mAh.
Waktu pengisian baterai cukup cepat. Kami mencoba sekitar satu jam, baterai jam tangan ini sudah mencapai kondisi 100 persen.

Durasi baterai juga lumayan lama. Amazfit mengklaim nyala GTR 2e dapat bertahan selama 45 hari untuk penggunaan dasar, sedangkan GTS 2e 24 hari.

Memantau Aktivitas Olahraga

Kami mencoba menu aktivitas/olahraga. Kami menjajalnya untuk aktivitas lari di luar ruangan dan futsal –tentu di waktu berbeda. Masing-masing aktivitas itu dilakukan sekitar satu jam.

Menariknya, jam tangan pintar ini merekam dan melaporkan aktivitas olahraga tersebut, seperti jumlah kalori yang dibakar, detak jantung, dan PAI. Untuk berlari, terekam rute berlari, jarak, jumlah langkah, dan lain-lain.

Bila Anda suka olahraga lain, bisa digunakan pula misalnya untuk bersepeda atau berenang. Untuk kegiatan berenang, kedua jam tangan pintar ini memiliki waterproof grade 5 ATM (50 meter). Dengan jam pintar ini, kami berolahraga sangat terukur dan tidak berlebihan, sehingga tetap terjaga kondisi badan. 

3 dari 3 halaman

Fitur Bergaya

smartwatch amazfit gtr 2e dan gts 2e©2021 Merdeka.com

Sebagai jam tangan pintar, GTR 2e berlimpah fitur lain yang fungsional. Sebut saja fitur senter, pengaturan kecerahan layar, DND, mode penghemat baterai, pengunci layar, pencari ponsel, mode teater, dan peringatan sisa baterai. 

Kesimpulan

Amazfit GTR 2e merupakan pilihan jam tangan pintar menarik yang ada di Indonesia. Selain desain keren dan material berkualitas, jam tangan pintar ini nyaman digunakan dengan segudang fitur-fitur yang sangat fungsional, terutama bagi Anda yang memiliki gaya hidup sehat.

Kalau pun tidak, juga tidak apa-apa, karena tampilan luarnya juga keren sih.

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami