Amazfit GTR 3 Pro: Smartwacth Bergaya Klasik-Modern dan Powerfull

Amazfit GTR 3 Pro: Smartwacth Bergaya Klasik-Modern dan Powerfull
smartwatch amazfit gtr 3 pro. ©2021 Merdeka.com
TEKNOLOGI | 8 Desember 2021 07:00 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Sukses dengan seri GTR dan GTS seri 2, jam tangan pintar atau smartwatch Amazfit merilis seri anyar GTR 3 Pro, GTR 3, dan GTS 3 di Indonesia pada awal November lalu. Amazfit GTR 3 Pro dibanderol Rp 3,499 juta, sementara GTR 3 Rp 2,799 juta dan GTS 3 Rp 2,999 juta.

Perangkat yang satu ini memang sedang tren di Tanah Air. Sebab memiliki banyak fitur pintar yang terkoneksi dengan ponsel penggunanya, selain berfungsi sebagai petunjuk waktu.

Tentu saja fitur kesehatan atau olahraga menjadi andalan perangkat ini. Apalagi gaya hidup sehat dan mobile banyak dilakoni saat pandemi Covid-19, terlebih dapat memantau aktivitas kesehatan kala berolahraga atau beraktivitas luar ruang.

Baru-baru ini, Merdeka.com mendapat berkesempatan menjajal Amazfit GTR 3 Pro. Sebelum menggunakan jam tangan pintar ini, disarankan mengunduh aplikasi mobile Zepp supaya bisa koneksi dengan ponsel pintar ini. Fitur di jam tangan ini juga dapat diakses di aplikasi Zepp ini.

Mari kita bahas beberapa kelebihan jam tangan ini:

1. Desain
Kami menjajal GTR 3 Pro dengan strap karet warna hitam dengan antibacterial fluoroelastomer. Beda dari generasi 2, strap generasi 3 ini tidak polos dan ada motif garis-garis menyilang di bagian atas, sementara bagian bawah relatif sama. Desain baru ini menambah kesan sporty dengan berat hanya 32 gram.

smartwatch amazfit gtr 3 pro
©2021 Merdeka.com

Kami suka desainnya yang bulat, sangat klasik, tapi powerfull karena didukung standar 5 ATM water resistance. Alhasil membuat jam tangan ini aman sebagai teman beraktivitas luar ruang seperti berenang atau saat kondisi cuaca hujan. Ini terbukti saat kami menggunakannya di acara test drive mobil baru di Yogyakarta-Semarang pada 1-2 Desember lalu dan Bali (7-8/12).

2 dari 4 halaman

2. Layar

amazfit gtr 3 pro
©2021 Merdeka.com

Mengusung teknologi AMOLED Ultra HD, tampilan jam tangan ini tampak premium dengan warna cerah. Bezelnya juga lebih tipis dari generasi lawas, dengan lebar 1,45 inci dan screen to body ratio 70,6 persen sehingga semakin nyaman dipandang. Display layarnya termasuk yang terbesar di pasar. Apalagi ditunjang kecerahan hingga 1.000 nits dengan 331 ppi.

3. Fitur bicara dan mendengar
Menariknya, ada fitur Alexa, perintah suara, untuk yang dapat digunakan untuk memberi perintah, meski arloji tidak terhubung ke ponsel. Fitur ini dipakai untuk membuka aplikasi tertentu, misalnya monitor detak jantung, menyalakan musik, atau menyesuaikan kecerahan layar. Keren kan!

Untuk musik, GTR 3 Pro memiliki kapasitas penyimpanan 2,3 GB yang bisa menyimpan file audio. Artinya, Anda bisa memindahkan lagu-lagu kesayangan Anda dari ponsel ke smartwatch melalui sambungan Bluetooth atau Wi-Fi, karena seri ini dilengkapi konektivitas Wi-Fi.

3 dari 4 halaman

4. Fitur kesehatan

smartwatch amazfit gtr 3 pro©2021 Merdeka.com

Sesuai karakternya, jam tangan pintar ini punya segudang fitur kesehatan yang dapat mengawasi kondisi kesehatan penggunanya. Berkat sensor New Bio Tracker 3.0, jam tangan pintar ini akan memberikan empat data metrik kesehatan pengguna, hanya dengan one tap, seperti detak jantung, oksigen dalam darah, laju pernapasan, dan tingkat stres.

Yang kami suka, tentu saja, jam ini mendukung 150 mode olahraga. Cara mengaksesnya kian mudah, cukup menekan tombol bagian bawah yang langsung ke fitur olahraga, seperti berlari, berenang, bersepeda, hiking, climbing, yoga,  ski, hingga e-sport.

Menariknya pula, beragam data kesehatan kita dapat dimonitor oleh smartwatch ini, mulai dari detak jantung, oksigen darah, dan lain-lain. Segala info itu akan digunakan untuk menilai skor kebugaran kita atau Personal Activity Intelligence (PAI). PAI juga melacak berbagai pengukuran selama 7 hari terakhir.

Fitur menarik lainnya, life management. Di sini, ada fitur yang dapat mengukur kualitas istirahat/tidur dan pelacak menstruasi atau periode datang bulan termasuk masa subur dan ovulasi yang sangat fungsional untuk pengguna perempuan.

4 dari 4 halaman

5. Baterai

smartwatch amazfit gtr 3 pro©2021 Merdeka.com

Kapasitas daya baterai GTR 3 Pro cukup besar. Bila jam tangan pintar lain kesulitan berdurasi lebih dari sepekan, tidak demikian dengan GTR 3 Pro. Dalam mode normal, baterainya bisa berdurasi 12 hari. Alhasil, Anda tidak perlu mengisi daya baterai terlalu sering. Unutk pelari maraton, jam tangan pintar ini mampu bertahan hingga 35 jam untuk aktivitas olahraga luar ruang dengan GPS.

Yang kami suka lagi, cover jam tangan ini bisa mencapai 150 mode. Jadi kalau Anda bosan, bisa diganti-ganti sesuai suasana hati Anda. Caranya dengan mengakses dan menggantinya  melalui aplikasi Zepp di ponsel Anda yang sudah terkoneksi dengan GTR Pro 3. 

Spesifikasi GTR 3 Pro

Ukuran layar: 1,45 inci
Tipe layar: AMOLED Ultra HD
Baterai: 450 mAh
Speaker: ada
Wi-Fi: ada
Sports modes: 150+
Bluetooth calls: ya

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami