Android Tersandung Bug, Notifikasi Gmail Telat Masuk

TEKNOLOGI | 12 November 2019 17:20 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Notifikasi adalah salah satu aspek terpenting di smartphone. Tanpa notifikasi, kita akan ketinggalan sesuatu yang penting, seperti chat dan informasi yang tertuju ke kita.

Sayangnya, terdapat sebuah cacat di Android yang menyebabkan aplikasi Gmail terlambat memberi notifikasi. Padahal, seperti kita tahu, jalur komunikasi di dunia kerja seringkali menggunakan platform surel besutan Google ini.

Hal ini pertama kali ditemukan oleh seorang pengguna Reddit, yang melakukan riset setelah merasa notifikasi Gmail yang ia terima lemot. Berdasarkan risetnya yang memeriksa log smartphone, ia menemukan bahwa sistem Android 'melihat' bahwa ada email baru, namun sistem tidak melakukan push notification.

Nah, berdasarkan laporan yang dikutip Android Authority ini, disebut bahwa hal ini berasal dari 'Doze.' Doze adalah fitur hemat baterai dari Android yang diperkenalkan di Android Marshmallow lalu. Cara kerja Doze sendiri melakukan perlambatan dan melakukan non-aktifterhadap fitur tertentu, agar konsumsi baterai tidak tinggi.

Hal ini diduga, mencegah sistem Android menerbitkan notifikasi instan untuk Gmail di momen tertentu. Sang pengguna Redit mencontohkan bahwa Gmail tidak akan pernah memberi notifikasi jika smartphone dalam keadaan dikunci. Ketika dibuka, barulah notifikasi tersebut muncul.

Apakah Anda mengalami masalah serupa?

Baca juga:
Gara-gara Bug, 22 Juta Rating Ratusan App Store Menghilang
Deretan Kekurangan Aplikasi Gratis, Tetap Bayar?
Aplikasi AXISnet Perkaya Fitur Baru
WhatsApp di Android Kini Bisa Dikunci Dengan Sidik Jari
Berbasis Aplikasi, MDT Operasikan Capsule Bus Koja Trans di Jambi
Viralnya Gradient, Aplikasi yang Miripkan Anda Dengan Selebriti
Konten Video Singkat Jadi Tren di Tahun 2019

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT