Apa itu Tol Langit? Begini kata Dirut BAKTI

TEKNOLOGI | 19 Maret 2019 16:53 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Dalam debat cawapres pada Minggu (17/3), cawapres nomor urut 01 Ma'aruf Amin menyinggung kinerja pemerintah saat ini yang telah membangun infrastruktur tol langit. Masih banyak yang bertanya-tanya tentang apa itu tol langit. Meskipun Ma'aruf Amin telah menjelaskannya.

Lalu apa itu tol langit?

Menurut Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Anang Latif, tol langit adalah pemaknaan saja yang merujuk kepada lalu lintas internet. Bukan terkait dengan konsep infrastruktur secara harfiah.

"Intinya, sinyal internet tanpa hambatan. Entah itu 4G atau WiFi," kata Anang saat acara Tok Tok Kominfo di Jakarta, Selasa (19/3).

Lebih lanjut dijelaskannya, pemaknaan tol langit ini bermula dari pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di sebuah acara. Saat itu Menkominfo mengatakan nantinya Indonesia ke depan akan ada internet cepat seperti jalan tol tanpa hambatan.

"Jadi pemaknaan saja di mana menghadirkan internet cepat lewat 'jalan tol' melalui Palapa Ring," terangnya.

Kata Anang, proyek Palapa Ring ini dibagi menjadi 3 wilayah. Palapa Ring Barat, Tengah, dan Timur. Sejauh ini yang sudah beroperasi secara komersial adalah Palapa Ring Barat.

Untuk Palapa Ring Tengah, secara konstruksi telah selesai dan sedang dilakukan ujicoba hingga akhir Maret ini. Kemudian Palapa Ring Timur, direncanakan selesai pada Juli mendatang.

"Progresnya sudah 94.5 persen. Targetnya di pertengahan tahun ini, Palapa Ring Timur selesai," ungkapnya.

Baca juga:
Pantai Pandawa Bali Diselimuti 4G Smartfren
Akhir Maret, 4G XL Hadir di Kepulauan Anambas
Di Daerah ini, Teknologi 5G Ditentang Karena Alasan Kesehatan
Smartfren Mulai Pancarkan Sinyal 4G di Natuna
Indosat Paparkan Kinerja Triwulan 4 2018, Begini Hasilnya
Telkomsel Lakukan Tata Ulang Frekuensi 800 dan 900 Mhz
Tunggu Palapa Ring Timur, XL Bakal Lebih Agresif Ekspansi 4G

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT