Apa itu VPN dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Apa itu VPN dan Bagaimana Cara Menggunakannya?
ilustrasi VPN. pexels
TEKNOLOGI | 22 Mei 2022 07:00 Reporter : magang1

Merdeka.com - Di era modern ini, kehidupan kita semakin tidak terpisahkan dari teknologi. Hampir setiap hari Anda pasti menggunakan layanan internet dari gadget Anda.

Berselancar di internet meskipun mudah, namun juga memiliki risiko. Selama berselancar, Anda mengirimkan data pribadi baik itu secara sukarela maupun otomatis. Nah, data-data ini bisa dengan mudah dilihat oleh pihak ketiga. Bahkan kasus data bocor sering terjadi belakangan ini.

Dengan adanya VPN atau Virtual Private Network menjadi salah satu solusi untuk keamanan data Anda selama berselancar di internet. VPN memang sudah mulai banyak digunakan oleh pengguna teknologi untuk berbagai fungsi.

Sebenarnya apa sih VPN itu dan bagaimana cara kerjanya? Simak informasi berikut ini karena Anda mungkin saja sangat membutuhkannya.

2 dari 5 halaman

Mengenal VPN dan Fungsinya

Jadi, VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. Tapi tentu tau kepanjangannya masih belum menjawab pertanyaan.

VPN berguna untuk menjaga keamanan Anda selama berada di dunia maya. Kenapa kita butuh keamanan saat berselancar di dunia maya?

Nah, internet pada dasarnya adalah sebuah tempat di mana penggunanya secara sadar ataupun tidak (otomatis), berbagi informasi dan data pribadi.

Layanan penyedia internet (ISP) terus mengakses informasi dan data secara bebas selama Anda berselancar di internet. Data yang diperoleh ini biasanya dapat diakses oleh pihak ketiga—yang mana menyebabkan Anda bisa mendapat iklan produk dari search history Anda.

Selain iklan, data Anda juga rawan terhadap tindakan ilegal orang-orang tidak bertanggung jawab. Informasi pribadi bisa dengan mudah didapat oleh orang-orang yang tahu bagaimana cara mendapatkannya.

3 dari 5 halaman

Nah dengan VPN, maka Anda akan mendapatkan koneksi yang privat sehingga data-data yang dikirim ke dan diterima dari internet bisa lebih aman dan terjamin.

VPN bagaikan pagar penyaring bagi Anda dan situs atau layanan yang diakses selama berselancar di internet.

Namun selain untuk alasan keamanan, kini orang-orang menggunakan VPN untuk berbagai alasan lainnya. Berikut beberapa manfaat dan keuntungan dari menggunakan VPN:

  • Keamanan—mencegah orang lain atau pihak ketiga mengakses data-data online, terutama ketika menggunakan jaringan Wi-Fi publik.
  • Privasi—melindungi identitas asli dengan menyembunyikan IP Address dan lokasi Anda ketika terhubung dengan server VPN.
  • Kebebasan—memungkinkan seseorang untuk akses layanan internet yang dibatasi atau disensor oleh pemerintah. Alasan utama lainnya, pengguna bisa mengakses layanan internet yang tidak tersedia atau terbatas di negaranya, misalnya seperti layanan streaming online yang memiliki perbedaan acara antar negara.
  • WFH—banyak perusahaan yang menggunakan VPN agar karyawannya bisa bekerja dari jarak jauh dan mengakses data-data perusahaan serta transaksi bisnis bisa berjalan lebih aman dan efisien.
4 dari 5 halaman

Bagaimana Cara Kerja VPN?

Untuk memberikan layanan keamanan dan kebebasan akses internet, VPN menjadi penyedia jembatan atau terowongan khusus bagi koneksi perangkat Anda.

Ketika menghubungkan gadget dengan VPN, maka koneksi gadget akan tersambung dengan koneksi khusus oleh VPN alih-alih dengan layanan penyedia internet (internet provider) Anda.

Adanya koneksi khusus ini membuat data yang Anda kirim ke internet akan dikirim melalui VPN, bukan langsung dari gadget Anda. Terowongan yang dibuat oleh VPN ini berguna untuk menyaring, mengirim dan menerima data-data hanya yang dibutuhkan untuk akses layanan internet.

Selain itu, melalui terowongan ini VPN akan mengubah data-data Anda menjadi rangkaian kode yang tidak bisa dibuka sebelum terkirim sampai tujuan. Hal ini juga dikenal dengan enkripsi sehingga pihak eksternal tidak dapat mengetahui isinya.

VPN juga bisa menyembunyikan identitas asli pengguna dengan “mengganti” IP address. Ketika menghubungkan gadget dengan VPN, maka pengguna dapat memilih ingin menggunakan IP address negara mana saja yang tersedia dalam VPN.

Dengan begitu, maka koneksi Anda akan dikenali sebagai koneksi dari negara lain dan Anda bisa mengakses layanan yang diblokir pemerintah ataupun mengakses layanan streaming yang tidak tersedia di negara asal.

5 dari 5 halaman

Bagaimana Cara Menggunakan VPN untuk Gadget Anda?

ilustrasi gadget
©pexels-Pixabay

VPN bisa diakses dengan gadget apa pun: smartphone, tablet, laptop, komputer; dengan OS apaun: Android, Windows, Mac OS, atau iOS dan tidak mengganggu kinerja gadget. Hal ini karena VPN bekerja sebagai background app.

Cara untuk mulai menggunakan VPN dalam kegiatan online Anda cukup mudah. Berikut panduannya:

  • Pilih layanan VPN

Pilihlah yang aman, terpercaya, dan sesuai kebutuhan Anda. Anda bisa mengetahuinya dengan mencari-cari informasi di Google ataupun Youtube.

  • Berlangganan VPN

Kebanyakan VPN memang berbayar, namun juga ada VPN yang gratis, namun biasanya bekerja cukup terbatas dan kurang optimal. Setelah melakukan pembayaran, Anda bisa langsung lakukan instalasi dan log in aplikasi atau layanan VPN yang Anda pilih.

  • Pilih server VPN

Setelah Anda melakukan log in, Anda bisa memilih server VPN lokasi mana yang ingin digunakan. Biasanya ada yang secara otomatis, namun Anda juga bisa memilih sendiri langsung. Dengan memilih server ini maka IP address Anda berubah.

Untuk memeriksa perubahan IP address, Anda bisa mengunjungi IPleak.net untuk mengetahui IP address sebelum dan setelah menyalakan VPN.

  • Aktifkan fungsi “kill switch”

Dengan mengaktifkan fungsi ini, maka ketika koneksi internet dengan VPN sedang down atau mengalami masalah, proses pengiriman data akan langsung dihentikan secara instan sehingga privasi Anda terjamin.

Di Indonesia, aturan mengenai VPN memang dikatakan masih abu-abu. Gunakanlah VPN secara bijak hanya sebagai tujuan untuk menghindari upaya pencurian data dan kebebasan akses internet yang legal pula.

Reporter: Prilisa Septi Hariani


(mdk/mgs)

Baca juga:
Cara Kerja VPN dan 5 Alasan Anda Membutuhkannya
Fungsi VPN di Android, Simak Kegunaan, Risiko, dan Cara Memasangnya
Penelitian A10 Networks Deteksi dan Lacak Asal Mula Senjata Siber DDoS
Indonesia Hadapi 11 Juta Serangan Siber pada Kuartal Pertama 2022
Multipolar Technology Tawarkan Solusi IBM Guardium dan Security QRadar XDR

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami