Aplikasi Live Streaming Twitch Blokir Akun Donald Trump

Aplikasi Live Streaming Twitch Blokir Akun Donald Trump
TEKNOLOGI | 30 Juni 2020 10:13 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Aplikasi live streaming Twitch baru saja memblokir presiden AS Donald Trump di platformnya. Ini adalah salah satu pelarangan akun 'high profile' di Twitch.

Melansir laporan The Verge, akun Trump diblokir karena "perilaku ujaran kebencian" yang ditarangkan saat strteaming berlangsung. Twitch sendiri menyebut kalau konten yang dimaksud telah dihapus.

Salah satu streaming dari akun Trump memang menayangkan siaran ulang dari kampanye Trump, di mana sang presiden menyebut bahwa "Meksiko mengirim pemerkosa ke Amerika Serikat."

Tak cuma itu, sebelum ini Twitch juga memberi 'flag' pada salah satu kampanye Trump di Tulsa karena Trump berkomentar rasis.

"Seperti pengguna lainnya, politisi di Twitch harus mematuhi Ketentuan Layanan dan Pedoman Komunitas kami. Kami tidak membuat pengecualian untuk konten politik atau berita, dan akan mengambil tindakan terhadap konten yang dilaporkan dan melanggar aturan kami," ungkap juru bicara Twitch. Ini adalah pernyataan yang sama yang dikeluarkan Twitch tahun lalu pasca akun Trump diluncurkan di platform ini.

1 dari 1 halaman

Penangguhan ini bersifat sementara, dan muncul satu minggu setelah Twitch berkomitmen untuk menindak pelecahan dalam komunitasnya. Hal ini pun berarti bahwa Twitch kini mulai beralih ke sistem moderasi konten yang lebih serius.

Ujaran rasisme dan kebencian oleh Trump kerapkali tetap ada di platform lain tanpa take down di platform lain, mengingat peran Trump sebagai kepala negara dan ujarannya bernilai berita.

Kanal Twitch milik Trump sendiri muncul pada Oktober tahun lalu, di mana ini jadi tempat menyiarkan aksi kampanye Trump jelang pemilu Presiden AS tahun ini. (mdk/idc)

Baca juga:
Zoom Segera Pasang Enkripsi Untuk Pengguna Gratisan
WhatsApp Kembangkan Fitur Untuk Mudahkan Pengguna Cari Chat Lawas
Google Hapus 31 Aplikasi Android Berbahaya, Apa Saja?
Canggih, Aplikasi Google ini Bisa Beri tahu Alasan Nomor Bisnis Menelepon
Facebook Uji Coba Dark Mode di Aplikasi Mobile
Aplikasi Adobe Photoshop Camera Resmi Masuk Android dan iOS
Mengenal POL, Aplikasi Belanja Bahan Pangan dan Sayur di Lamongan Tanpa ke Pasar

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami