Apple dan Qualcomm Akhirnya 'Rujuk', Segera Pasok Modem 5G Untuk iPhone

TEKNOLOGI | 18 April 2019 15:36 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Apple dan Qualcomm sudah lama mengalami percekcokan. Keduanya saling mengklaim hak cipta yang akhirnya membawa kasus keduanya ke meja hijau.

Setelah berlangsung hampir dua tahun, persidangan ini akhirnya menemui ujung yakni damai.

Melansir Android Authority, kasus ini pada dasarnya berakhir setelah pengacara Apple, yakni Ruffin Cordell, menyamakan kebijakan Qualcomm dengan salah satu merek ayam goreng.

Sebuah analogi yang disebut oleh sang pengacara adalah bagaimana Qualcomm layaknya sebuah restoran ayam goreng KFC yang menolak jual satu bucket ayam goreng ke pelanggan.

"Untuk mendapatkan satu bucket ayam goreng, Anda harus pergi ke KFL (L adalah kependekan dari licensing) untuk membayar lisensi makan, dan mereka akan menjual ayamnya ke Anda," ungkap Cordell.

Hal ini memperlihatkan bahwa nampaknya modem 5G dari Qualcomm terlalu 'lezat' untuk ditolak, menilai rujukan analogi Apple mengarah ke makanan.

Satu hal lagi, diprediksi Intel tak dapat memberikan spesifikasi modem atau chip yang sesuai keinginan Apple untuk perangkat 5G mereka. Karena ini, Apple mengesampingkan pertarungan hukum yang menghabiskan waktu, tenaga, dan uang paten serta komponen dan royalti, untuk menyerah dan kembali bermitra dengan Qualcomm.

Qualcomm sendiri adalah pemimpin dalam industri modem nirkabel generasi 5G. Saat ini, seluruh smartphone dengan konektivitas 5G menggunakan modem besutan Qualcomm.

Baca juga:
Apple Dikabarkan Keluarkan Investasi Rp 7 Triliun untuk Masuk di Industri Game
Mengejutkan, Ternyata ini Besaran Gaji Para Orang Terkaya Dunia Saat Aktif Bekerja
Samsung dan Qualcomm Tidak Akan Menjual Modem 5G kepada Apple
Apple Kembangkan Sendiri Modem Untuk iPhone 5G
Matinya Air Power dan Runtuhnya Reputasi Apple
Ketika Bos Huawei Justru Gunakan Apple
iPhone XI Akan 'Pinjam' Fitur ini dari Samsung dan Huawei

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT