Apple Dilaporkan Investasi ke Kia, Garap Proyek Mobil Listrik

Apple Dilaporkan Investasi ke Kia, Garap Proyek Mobil Listrik
Mobil otomatis besutan Apple, Project Titan. ©2017 Merdeka.com
TEKNOLOGI | 4 Maret 2021 08:09 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Setelah berbagai rumor soal mobil listrik besutan Apple, mulai dari pengembangan, kerja sama dengan perusahaan otomotif, bahkan sempat ditinggalkan, kali ini ada rumor baru yang merupakan sinyal proyek ini lanjut.

Dalam laporan terbaru, Apple disebut makin serius garap mobil listrik. Mengutip informasi dari GSM Arena via Tekno Liputan6.com, Apple diketahui akan mencapai kesepakatan dengan Kia untuk melakukan investasi di perusahaan tersebut sebagai bagian dalam upaya pengembangan mobil listrik.

Apple dikabarkan akan berinvestasi sekitar USD 3,6 miliar (Rp 50,4 triliun) ke perusahaan Korea Selatan tersebut. Menurut laporan, Apple berencana untuk mulai melakukan manufaktur mobil listrik pada 2024.

Untuk tahap pertama, laporan menyebut perusahaan menargetkan sekitar 100 ribu unit per tahun. Angka itu diprediksi akan ditambah hingga mencapai 400 ribu unit per tahun.

Menurut sumber, keputusan Apple yang condong bekerja sama dengan Hyundai sebagai induk Kia disebabkan beberapa faktor. Salah satunya perusahaan sudah memiliki platform kendaraan listrik yakni E-GMP.

Selain itu, fasilitas produksi Kia ada di Amerika Serikat dan dilaporkan sudah siap melakukan produksi pada 2024. Meski bekerja sama, dua perusahaan akan memegang peranan masing-masing.

Kia disebut akan bertanggung jawab untuk urusan produksi dan manufktur, sedangkan Apple bertugas mengurus soal kendali otonomos, software dan user experience, termasuk teknologi baterai hingga form factor.

Pembicaraan Apple dan Hyundai memang dilaporkan sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu. Kendati demikian, Apple masih menolak berkomentar soal laporan ini, sedangkan Hyundai belum secara langsung mengonfirmasinya.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Agustinus Mario Damar (mdk/idc)

Baca juga:
Facebook Beri Penjelasan ke Pengguna Apple Soal Pemakaian Data Iklan
Pengapalan iPhone di Akhir 2020 Alami Kenaikan
Apple Peringatkan Pengguna Jika Ada Komponen Palsu di Dalam iPhone
Apple Jadi Merek Paling Berharga di Dunia
Apple Gulirkan iOS 14.4, Tambal Tiga Kerentanan
Saat Ini Ada 1,65 Miliar iPhone Aktif di Dunia
Polisi Gunakan GPS Apple Watch Untuk Tangkap Penculik

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami