Apple Dilaporkan Membeli Bisnis Modem 5G Intel, Tak Jadi Gandeng Qualcomm

TEKNOLOGI | 24 Juli 2019 13:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Setelah sempat bercekcok soal klaim hak cipta di meja hijau lalu mencapai kata 'damai' dengan Qualcomm, Apple tiba-tiba putar haluan lagi untuk menggandeng Intel untuk pasok modem.

Namun kali ini Apple tak hanya butuh pasokan dari Intel, namun menurut laporan terbaru dari Wall Street Journal, Apple berencana membeli bisnis modem smartphone 5G milik Intel.

Dengan ini, diharapkan Apple bisa mengembangkan modemnya sendiri tanpa harus memasok dari Qualcomm.

Berdasarkan sumber terpercaya yang dikutip WSJ, Apple dan CEO Tim Cook menawarkan uang miliaran Dollar untuk segala kekayaan intelektual serta seluruh staf di balik bisnis modem smartphone Intel.

Intel sendiri sebelumnya dilaporkan merupakan pilihan pertama Apple sebagai pemasok modem 5G untuk iPhone 2020. Namun karena berbagai penundaan dan masalah internal Intel, Apple sendiri mundur dan disebut malah akan kembali ke Qualcomm.

Apple sendiri merupakan salah satu perusahaan terkaya di dunia, sehingga mengucurkan beberapa miliar Dollar untuk pengembangan modem 5G sama sekali tak akan mengguncang finansial perusahaan yang bermarkas di Cupertino tersebut.

Bahkan, secara hitungan finansial, Apple akan terus merugi jika bermitra dengan Qualcomm. Mengingat banyak sekali royalti dan paten yang harus dibayar Apple untuk menggunakan produknya. Tak heran mengapa Apple bahkan kini ingin memiliki keseluruhan bisnis modem Intel.

Pertanyaan besarnya tentu soal kualitas modem Intel yang masih dipertanyakan kapasitasnya. Sementara banyak smartphone Android sudah muncul dengan konektivitas 5G dari Qualcomm bahkan di 2019, kapan iPhone 5G siap dengan modem Intel besutannya?

Mari kita lihat saja.

Baca juga:
Apple 'Bersumpah' Tak Ada Kebocoran Lagi di iPhone 12
Penjualan iPhone SE di India Disetop Apple, Ada Apa?
Apple Disebut Bakal Hadirkan Kembali Fitur Touch ID di iPhone
Pengamat: iPhone 2020 Bakal Kerek Pertumbuhan Penjualan Apple
6 Cara Mengecas iPhone Agar Lebih Cepat dan Tak Merusak Baterai
Bos Huawei Sebut Apple Jadi Panutan Soal Perlindungan Privasi Konsumen
Tak Ingin Kembangkan iPhone Lipat, Justru Apple Kembangkan iPad Lipat

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT