Apple Disebut Segera Batasi Fitur Panggilan di WhatsApp dan Messenger

TEKNOLOGI | 8 Agustus 2019 17:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Raksasa teknologi AS Apple, akan segera memberi perubahan dalam sistem operasi besutannya, terutama di platform mobile. Disebut, dalam satu perubahannya, akan ada pembatasan fitur panggilan di aplikasi perpesanan.

Mengutip Reuters via tekno Liputan6.com, fitur milik aplikasi pesan yang akan dibatasi adalah kemampuan untuk melakukan panggilan melalui internet.

Menurut laporan dari The Information, fitur panggilan di aplikasi WhatsApp dan Facebook Messenger rupanya tetap berjalan di background meskipun pengguna sedang tidak melakukan panggilan via aplikasi tersebut.

Ini berarti, aplikasi WhatsApp dan Facebook Messenger bisa lebih cepat menghubungkan panggilan dan pada sisi lain, tetapi juga bisa melakukan tugas seperti pengumpulan data.

Laporan menyebutkan, gara-gara masalah di atas, Apple membatasi akses latar belakang ke aplikasi saat pengguna melakukan panggilan internet. Sayangnya, saat dimintai klarifikasi, baik Facebook dan Apple tidak segera memberikan komentar.

Sekadar informasi, langkah Apple ini akan memaksa Facebook untuk mendesain ulang aplikasi pesan mereka.

Mengutip dua sumber yang familiar dengan masalah ini, pembatasan fitur panggilan ini akan memiliki dampak yang signifikan kepada WhatsApp. Pasalnya, fitur panggilan suara lewat internet ini diberi enkripsi end-to-end. Hal ini bisa memberi masalah denganbuntut lebih panjang.

Sumber: Tekno Liputan6.com
Reporter: Agustin Setyo Wardani

Baca juga:
Ini Rumor Nama Baru WhatsApp dan Instagram Setelah Diganti Oleh Facebook
WhatsApp Segera Bisa Digunakan di PC Tanpa Ponsel, Tinggal Login!
Facebook Disebut Akan Ubah Nama Instagram dan WhatsApp
Hati-Hati, Penipuan WhatsApp Berkedok Paket Data Gratis 1.000 GB
Cara Intip Last Seen WhatsApp Pengguna yang Disembunyikan, Ternyata Bisa!
Cara Mudah Buat Balasan Otomatis di WhatsApp
Bahaya FinSpy, Malware yang Curi Informasi di Aplikasi Chat

(mdk/idc)