Apple Gugat Perusahaan Daur Ulang Karena Jual iPhone Bekas

Apple Gugat Perusahaan Daur Ulang Karena Jual iPhone Bekas
TEKNOLOGI | 27 Oktober 2020 15:06 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Apple perusahaan bernama Geep Canada ke meja hijau. Perusahaan ini sebenarnya digandeng Apple untuk melakukan daur ulang. Namun, mereka diam-diam justru menjual 100.000 iPhone, iPad, dan Apple Watch.

Tugas utama Geep Canada sebenarnya adalah membongkar dan mendaur ulang iPhone, iPad, dan Apple Watch yang telah diterimanya dari Apple. Mengutip laman Apple Insider via Tekno Liputan6.com, Apple memang telah lama meningkatkan angka daur ulang dari produk-produknya. Hal ini jadi salah satu upaya Apple untuk menciptakan produk berkelanjutan dan lebih ramah lingkungan.

Atas upaya ini, Apple pun bergantung pada perusahaan lain untuk mendaur ulang, termasuk Geep Canada. Disebut bahwa Apple memperkirakan Geep Canada telah mencuri lebih dari 100.000 iPhone, iPad, dan Apple Watch.

Sementara itu, pihak Geep tidak menyangkal adanya pencurian. Namun mereka mengklaim, pencurian dilakukan oleh tiga karyawan nakal tanpa sepengetahuan perusahaan. Menurut Apple, karyawan yang disebut nakal itu sebenarnya merupakan manajemen senior perusahaan.

Kasus ini memang baru terungkap ke publik. Namun Apple telah mengajukan gugatannya pada Januari 2020. Sementara Geep mengajukan gugatan balik pada Juli lalu.

Apple ditengarai menemukan dugaan pencurian pada akhir 2017 atau 2018. Sejak itu Apple kerap berhenti bekerja sama dengan Geep. Lalu pada September 2019, Geep Canada bergabung dengan perusahaan lain membentuk Quantum Lifecycle Partners.

Dalam gugatannya, Apple menyatakan bahwa pihaknya mengirimkan 531.966 unit iPhone ke Geep Canada untuk didaur ulang antara Januari 2015 hingga Desember 2017. Pada waktu yang sama, Apple juga mengirimkan 25.673 iPad dan 19.277 Apple Watch.

Apple kemudian mengaudit gudang Geep dan mengetahui bahwa ada sebagian perangkat mereka yang disimpan jauh dari produk lainnya.

Temuan tentang adanya area yang tidak tercakup oleh kamera keamanan ini membuat Apple memeriksa nomor seri perangkat yang dikirim ke Geep Canada.

Baca Selanjutnya: Ribuan Perangkat Aktif...

Halaman

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami