Apple Peringatkan Pengguna Jika Ada Komponen Palsu di Dalam iPhone

Apple Peringatkan Pengguna Jika Ada Komponen Palsu di Dalam iPhone
iOS 14. ©2020 Apple
TEKNOLOGI | 27 Februari 2021 17:28 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Dengan iOS terbaru, Anda tak bisa lolos jika iPhone Anda mengandung onderdil tak resmi. Hal iniu dikarenakan pembaruan iOS 14.4 membuat Apple menampilkan pesan peringatan jika mendeteksi penggunaan komponen kamera pihak ketiga.

iPhone yang diperbaiki di tukang servis selain dari Apple memang biayanya lebih murah, tetapi biasanya servis ini tidak menggunakan komponen resmi.

Mengutip Ubergizmo via Tekno Liputan6.com, dengan lewat pembaruan iOS 14.4 ini, iPhone memberi tahu ke pengguna jika komponen kamera yang dipakai tidak resmi.

Penggunaan komponen kamera pihak ketiga bukan berarti fitur kamera di iPhone jadi tidak bisa digunakan.

Hal ini merupakan bentuk informasi dari Apple ke pengguna, agar pengguna tahu iPhone mereka dipasang komponen tidak resmi dan ada potensi bahaya yang bisa terjadi.

Menurut dokumen pendukung Apple, penggunaan komponen tidak resmi bisa memberi dampak penggunaan kamera tidak bisa fokus dengan baik. Hasil foto pun jadi tidak setajam ketimbang penggunaan komponen resmi.

Bikin Aplikasi Freeze

Bukan hanya itu, disebutkan oleh Apple, penggunaan komponen yang tak resmi bisa mengacaukan foto pada mode Portrait.

Terparah, penggunaan komponen kamera tidak resmi ini bisa menyebabkan aplikasi kamera pihak ketiga mengalami freeze dan tidak berfungsi dengan baik.

Kendati begitu, tidak semua perbaikan oleh pihak ketiga menggunakan komponen tidak resmi. Apple memang memiliki Authorized Service Providers alias penyedia servis resmi dan sejumlah tempat servis yang mendapatkan sertifikasi perusahaan.

Namun, ada cukup banyak toko atau tempat servis yang tidak tersertifikasi, dan hal ini membuat potensi penggunan komponen tidak resmi dilakukan karena dianggap lebih murah

Baca Selanjutnya: Tentang iOS 144...

Halaman

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami