Awas, siapa saja yang belanja di Apple Store bakal 'dikuntit'!

Awas, siapa saja yang belanja di Apple Store bakal 'dikuntit'!
TEKNOLOGI | 9 Desember 2013 19:08 Reporter : Alvin Nouval

Merdeka.com - Apple akhirnya resmi mengaktifkan teknologi iBeacon dalam Apple Store miliknya. Padahal, teknologi ini kontroversial karena terlihat seperti menguntit apa yang dilakukan orang.

Seperti dilansir oleh The Register (9/12), teknologi yang dikembangkan oleh iSpy ini akan melacak apa saja yang dilihat seseorang saat berkeliling Apple Store. Dengan begitu, pramuniaga Apple akan dapat menawarkan produk yang tepat pada pelanggan tersebut.

Teknologi ini akan sangat membantu dalam meningkatkan penjualan produk Apple. Hal ini dikarenakan teknologi tersebut akan memberikan rekomendasi produk yang belum dibeli seseorang dari sana.

Teknologi ini sendiri menggunakan Bluetooth untuk melacak posisi pengguna yang membawa gadget Applenya di Apple Store. Hal ini dikarenakan teknologi GPS tidak bisa digunakan di dalam ruangan.

Untuk bisa menggunakan iBeacon, pengguna harus secara sadar memasang aplikasinya yang sudah tersedia di App Store. Nantinya aplikasi ini akan meminta pengguna untuk mengizinkannya melacak posisi mereka.

Jika memang tidak menginginkan untuk dikuntit, maka tinggal matikan saja pelacak lokasi dan iBeacon tidak akan aktif. (mdk/nvl)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami