Banjir Jogja dan Jatim, XL sebut terus memastikan layanannya tetap terjaga

TEKNOLOGI | 2 Desember 2017 09:00 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Sebagaimana diketahui, dalam tiga hari terakhir banjir melanda sejumlah daerah di DI Yogyakarta, yaitu Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kabupaten Kulon Progo. Di Provinsi Jawa Timur, banjir melanda antara lain Kabupaten Pacitan dan Ponorogo

XL Axiata berusaha keras menjaga jaringan dan layanan telekomunikasi yang berada di sejumlah daerah terlanda banjir di kawasan Pesisir Selatan DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Menurut VP XL Axiata Central Region, Rd. Sofia Purbayanti, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan berjibaku memastikan BTS-BTS yang terputus aliran listriknya tetap bisa beroperasi dengan dukungan genset.

Padahal banyak di antara area-area tersebut tertutup banjir dan jalan menuju ke lokasi BTS tidak bisa dilalui. Selain itu, banjir juga merusak perangkat. Kami juga harus mengatasinya dengan mengganti perangkat yang rusak. Kami akan terus berjuang menjaga layanan sambil berharap kondisi ini bisa segera kembali normal, ungkapnya dalam keterangan resminya, Jumat (1/12).

Sofia menandaskan, petugas XL Axiata akan terus bersiaga hingga kondisi kembali normal. Untuk itu, kepada pelanggan dan masyarakat yang berdomisili di area yang terkendala, XL Axiata memastikan upaya normalisasi layanan akan terus dilakukan.

Meski begitu, XL Axiata memastikan hanya sebagian kecil dari BTS yang terkendala dari total BTS yang ada di semua wilayah tersebut.

Secara total ada sekitar 400 unit BTS XL Axiata yang melayani seluruh wilayah di Bantul, 250 BTS di Gunung Kidul, dan 150 di Kulon Progo. Sementara itu di Pacitan ada sekitar 149 BTS dan 150 BTS di Ponorogo.

Untuk memastikan kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, XL Axiata juga telah membuka pusat kendali jaringan yang berlokasi di Jakarta, dan di Yogyakarta serta Surabaya. Melalui pusat kendali ini, XL Axiata kami bisa memonitor secara terus menerus kondisi seluruh jaringan sehingga bisa dilakukan penanganan segera jika terjadi suatu kendala, termasuk saat terjadi bencana alam, jelas dia.

Baca juga:

Telkomsel sebut layanannya tak bermasalah di sekitar Gunung Agung

Erupsi Gunung Agung, Kemkominfo sebut sarana telekomunikasi aman

Telkomsel mulai gelar 4G di frekuensi 2,3 GHz

Telkomsel tawarkan layanan pantau armada perusahaan

XL sebut layanan komunikasi di sekitar Gunung Agung aman

Ada peserta spesial di XL Future Leaders 2017

Telkom kembangkan bisnis digital di Indonesia

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT