Banyak yang meniru, Apple ogah pakai 'notch' di iPhone terbaru 2019

Banyak yang meniru, Apple ogah pakai 'notch' di iPhone terbaru 2019
TEKNOLOGI | 8 Maret 2018 12:11 Reporter : Yoga Tri Priyanto

Merdeka.com - Awalnya, Apple membuat sebuah langkah yang cukup berani dengan menanamkan sebuah desain unik pada iPhone X. 'Notch' di iPhone X mulanya dianggap sebagai inovasi baru yang cukup elegan, yang mana mampu menampung semua perlengkapan kamera TrueDepth yang membuat Face ID dan Animoji bekerja.

Namun saat perilisan iPhone X, banyak sekali yang mengeluhkan mengapa Apple memilh desain seperti itu hanya untuk memiliki layar yang lebar. Padahal ada banyak cara lain untuk membuat tampilan layar makin lebar. Sejumlah pihak mulai protes.

Ironisnya, banyak sekali prajurit Android yang justru meniru desain smartphone dengan 'notch'. Sebut saja Asus dengan Zenfone 5 yang dirilis baru-baru ini. Lalu ada LG dengan G7 yang baru kemarin muncul rendernya, belum lagi Oppo R15/R15 Plus, OnePlus 6 yang masih rumor, Huawei P20, dan masih banyak lagi produsen smartphone lokal yang juga menggunakan desain 'notch'.

Pada dasarnya, Apple menggunakan desain 'notch' ini untuk menyederhanakan semua perangkat kamera. Salah satu kinerja dari fitur yang ada di 'notch' melempar tidak kurang dari 30.000 sinar inframerah di wajah pengguna dan memroyeksikannya pada sebuah pola. Kemudian fitur lain bekerja mengumpulkan dan mengenali persepsi kedalaman dengan menghitung di mana garis putus melalui sebuah algoritma. Bukankah ini adalah sebuah teknologi menarik? Sementara kita semua tidak tahu apakah para produsen smartphone Android yang meniru desain 'notch' memiliki fungsi tersebut.

Tentu saja Apple sangat puas serta bangga dengan sistem ini. Bahkan ada kabar bahwa USD 390 juta mengalir dari Apple ke pembuat sensor TrueDepth Finisar, yang mana memastikan penyempurnaan dan miniaturisasi kit Face ID lebih lanjut.

Apple tidak mau lagi menggunakan 'notch' di 2019
Namun rumor terbaru mengatakan bahwa sepertinya Apple tidak ingin menyematkan 'notch' di iPhone terbaru mereka di tahun 2019 mendatang. Selain karena desain itu sudah banyak ditiru oleh sejumlah produsen smartphone Android, rupanya Finisar dan pemasok kamera TrueDepth lainnya telah berhasil membuat keseluruhan pengaturan menjadi lebih kecil lagi.

Itu artinya, hampir dipastikan tidak akan ada 'notch' di iPhone 11 atau iPhone XI atau apalah namanya di tahun 2019 mendatang. Sebaliknya, Apple mungkin telah memutuskan untuk memperbaiki rasio screen-to-body lebih baik lagi.

"Apple telah memutuskan untuk menghilangkan desain 'notch' di model iPhone tahun 2019 mendatang. Juga membahas bagian dan teknologi terkait," uajr orang dalam industri OLED di media Korea, hari ini (8/3).

Sementara itu, pembicaraan dengan pemasok display masih dalam tahap awal dan tidak ada yang mengetahui hal tersebut terkait ukuran serta resolusi layar. (mdk/ega)


Kuo: Apple akan menjual 100 juta unit iPhone di 2018
Apple akan rilis 3 iPhone baru di tahun ini, salah satunya dibanderol murah
iPhone 9 dan iPhone Xs bakal didukung chip Intel, terapkan dual-SIM
Apple siapkan iPhone Xs dan Xs Plus di tahun ini?
iPhone 9 bakal didukung chipset A12 dan RAM 3GB

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami