Benarkah hanya bumi yang miliki kehidupan? (1)

TEKNOLOGI | 17 Oktober 2013 11:53 Reporter : Dwi Andi Susanto

Merdeka.com - Pertanyaan seperti ini sudah berulang kali diutarakan sejak bertahun-tahun lalu, namun tidak sedikit yang terus menanyakannya karena sampai sekarang pun masih belum ada jawaban pasti. Benarkah hanya bumi yang miliki kehidupan?

Sampai sekarang ini, selain NASA, banyak kelompok peneliti perorangan, organisasi swasta sampai dengan universitas melakukan penelitian dan kajian tentang keberadaan makhluk lain selain di bumi atau bahkan di luar tata surya ini.

Bahkan tidak sedikit teori dan hipotesa baru bermunculan mulai dari ditemukannya komet, asteroid sampai meteorit dengan kandungan air serta oksigen di dalam atau di sekitarnya yang dipercaya merupakan tanda bahwa memang ada makhluk lain di luar bumi.

Hal tersebut dikarenakan air dan oksigen adalah salah satu unsur pembentukan makhluk hidup.

Seorang astronom bernama Carl Sagan memperkirakan bahwa ada jutaan peradaban di dalam galaksi kita ini, Bima Sakti. Pendapat dari Sagan tersebut juga didukung oleh pendapat dari salah satu perintis peneliti komet bernama John Oro.

John Oro juga berpendapat bahwa di dalam Bima Sakti ada ratusan, ribuan bahkan sampai jutaan peradaban asing yang sampai sekarang masih belum diketahui oleh manusia.

Namun, seorang astronom bernama Ben Zuckerman justru pernah berpendapat bahwa memang hanya bumi ini saja yang berisi kehidupan juga manusia, sedangkan di luar sana, planet atau galaksi lain tidak memiliki kehidupan.

Untuk memantapkan teori-teori dan pendapat bahwa memang ada makhluk dan planet lain seperti di bumi, maka pada tahun 1995 silam, suatu kumpulan astronom mengatakan bahwa mereka berhasil deteksi ada sekitar 22 planet yang mirip bumi di angkasa luar.

Bahkan, NASA juga telah membuat satu teleskop yang diberi nama Terresterial Planet Finder untuk mencari planet-planet lain yang mirip bumi, baik berupa iklim, suhu atau apapun di dalamnya.

[Bersambung ke halaman 2]

(mdk/das)