Berkunjung ke Pulau Lahirnya Telkomsel

TEKNOLOGI | 28 November 2019 15:34 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Pulau Batam merupakan cikal bakal kota lahirmya Telkomsel. Saat tahun 1995, anak perusahaan Telkom Indonesia ini mulai mengudara. Merdeka.com berkesempatan melihat tower BTS yang menjadi saksi sejarah Telkomsel di Bukit Dangas.

"Ini tower pertama Telkomsel. Pertama kali hadir di Indonesia. Jadi, serba yang pertama," ujar, Natkia, Supervisor Radio, Transport, and Power Operation Batam Telkomsel, Kamis (28/11).

Selain tower di Bukit Dangas, dua tower lain yang juga hadir di Batam pada tahun itu terletak di Nagoya dan Muka Kuning. Seiring perjalanan waktu, menara pertama Telkomsel itu sudah mendukung jaringan 4G, dari awalnya 2G lalu 3G.

Saat ini Telkomsel telah memiliki 489 site di Batam untuk memaksimalkan layanannya. Jumlahnya BTS nya pun, tentu didominasi 4G dengan 689 BTS. Sementara untuk 2G berjumlah 457 BTS dan 3G 480 BTS.

Dengan demikian, Telkomsel pun telah menjadi raja di Batam. Dari 1,3 juta populasi penduduk Batam, 1,2 juta lebih adalah pengguna aktif Telkomsel. Ini artinya tak ada ruang kosong untuk operator lain mendominasi.

1 dari 1 halaman

Telkomsel dan Alm BJ Habibie

Perlu diketahui, kehadiran Telkomsel juga tidak dapat lepas dari sosok BJ Habibie. Suami Hasri Ainun Besari itu merupakan salah satu Founding Fathers Telkomsel.

"BJ Habibie merupakan sosok yang penting bagi kami, beliau memiliki hubungan sejarah erat dalam proses beroperasinya teknologi seluler Global System for Mobile Communication (GSM) di Indonesia serta beroperasinya layanan Telkomsel pertama kali di Pulau Batam," kata Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini, dalam keterangan resmi saat wafatnya BJ Habibie.

Lebih lanjut, disebutkan bahwa sejak hadirnya teknologi GSM di Indonesia hingga berdirinya Telkomsel tak dapat dipisahkan dari peran penting BJ Habibie.

Pasalnya, pada tanggal 14 Juli 1993, sejumlah direksi PT Telkom menghadap kepada BJ Habibie yang saat itu menjabat sebagai Menristek RI.
"Di atas sehelai kertas, beliau menuliskan persetujuan dan penerapan GSM sebagai standar teknologi seluler Indonesia," tutur Emma.

Tulisan BJ Habibie tersebut menjadi referensi dari langkah besar migrasi teknologi dan pengembangan industri seluler analog ke digital di Indonesia.

14 bulan kemudian, tepatnya pada 2 September 1994, BJ Habibie meresmikan pengoperasian Telkomsel GSM di Pulau Batam. Saat itu, Telkomsel merupakan nama produk dari PT Telkom. (mdk/idc)

Baca juga:
Telkomsel Hadirkan Jaringan 4G di Jalur Tol Trans Sumatera
Gandeng Aplikasi Belajar Online, Telkomsel Luncurkan Paket Ilmupedia
Emma Sri Martini jadi Direktur Keuangan Pertamina, Siapa Dirut Telkomsel?
Sabet Penghargaan, Telkomsel sebut Karena Transformasi Digital
Gandeng Telkomsel, Halodoc Bakal Akselerasi Pemerataan Kesehatan
Telkomsel Akselerasikan Kebahagiaan Pelanggan Lewat 'Telkomsel Siaga Sebar Hepi 2019'
4G Telkomsel Hadir di Kawasan Wisata 'Negeri di Atas Awan'

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.