Buaya zaman purba ternyata juga makan tumbuh-tumbuhan

TEKNOLOGI | 13 September 2013 14:59 Reporter : Dwi Andi Susanto

Merdeka.com - Mungkin bagi kita yang hidup sekarang ini mengetahui bahwa buaya adalah seekor binatang karnivora pemakan daging. Namun, menurut para peneliti, di zaman dahulu, buaya juga memakan tanaman.

Beberapa peneliti dari Bristol University meneliti dan membandingkan rahang beberapa buaya dari berbagai zaman. Ada sekitar 100 buaya yang masuk sebagai bahan penelitian tersebut.

Akhirnya, seperti dikutip dari Daily Mail (11/09), dari penelitian tersebut terungkap dua hal yang jauh dari pemikiran dan apa yang ada seperti sekarang ini.

Menurut para peneliti, di zaman prehistorik, para buaya adalah hewan-hewan yang mirip dengan anjing seperti sekarang. Mereka rata-rata berkeliaran di daratan dan menghindar dari para pemangsa besar lainnya.

Ketika era sedikit demi sedikit berganti, ada beberapa buaya yang mulai mengadopsi kebiasaan hewan amphibi atau juga hewan air lainnya.

"Ketika masuk era Mesozoic, buaya banyak mengalami perubahan kebiasaan dan tempat tinggal. Hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan rahang fosil buaya-buaya yang kita dapatkan dan teliti," jelas Tom Stubbs, pimpinan penelitian tersebut.

Seperti yang kita ketahui sekarang ini, para buaya memakan daging atau juga ikan. Namun, menurut penelitian tersebut, di zaman dahulu, buaya justru juga mengonsumsi tumbuh-tumbuhan.

Ketika era Triassic berakhir, pola hidup dan habitat buaya mulai berubah drastis dan banyak di antaranya yang mulai menginvasi air payau serta lautan untuk hidup.

Dengan perubahan habitat serta pola hidup tersebut, maka rahang mereka juga berubah menyesuaikan tempat tinggal sekitar serta makanan.

(mdk/das)