Bukan "Eks", Ini Nama Resmi Tombol X di Kontroler Playstation

TEKNOLOGI | 10 September 2019 16:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Penggemar gim konson PlayStation pasti sudah tidak asing dengan tombol yang ada di kontroler yang menggunakan aneka bentuk. Selain tombol arah, tombol kanan L dan R yang ada di atas, serta tentunya ada pula tombol utama berbentuk simbol geometri.

Uniknya, ternyata ada dua tipe pemain yang memberi nama tombol X dengan nama berbeda. Ada yang menyebutnya tombol 'silang', tapi ada pula yang menyebutnya sebagai tombol 'X' (Eks, dilafalkan seperti huruf x).

Melihat perbedaan tersebut, Sony pun akhirnya angkat bicara terkait perbedaan itu. Dikutip dari Games Radar, via Tekno Liputan6.com, pelafalan yang tepat untuk tombol tersebut adalah 'silang' atau 'cross'.

Jawaban itu diungkapkan oleh akun Twitter resmi PlayStation Inggris beberapa waktu lalu. Dengan kata lain, simbol tersebut dimaksudkan sebagai bentuk, bukannya huruf.

"Segitiga, lingkaran, silang, kotak. Jika silang disebut X (padahal bukan), lantas kenapa (tombol lain) dipanggil lingkaran," tulis akun @PlayStationUK menjawab pertanyaan seorang warganet.

Setelah jawaban tersebut, tidak sedikit warganet yang mengaku kaget sebab selama ini salah menyebutnya. Namun, tidak sedikit pula yang mengatakan tetap memilih memanggilnya dengan 'eks'.

Karenanya, PlayStation Inggris pun berseloroh dengan memberi kebebasan pemain untuk memanggil simbol tersebut dengan sebutan apapun, tapi mereka tetap menyebutnya dengan silang.

Menurut Anda, mana yang lebih nyaman, X atau silang?

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Agustinus Mario Damar

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT