ByteDance Batasi Anak Anak Main Video Douyin

ByteDance Batasi Anak Anak Main Video Douyin
Ilustrasi smartphone. ©Shutterstock/Sergey Nivens
TEKNOLOGI | 21 September 2021 09:35 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - ByteDance, mengumumkan akan membatasi durasi penggunaan aplikasi berbagi video singkat Douyin bagi anak di bawah 14 tahun di negeri Tirai Bambu tersebut. Dalam pengumuman di blog-nya, ByteDance hanya akan mengizinkan anak di bahwa usia 14 tahun mengakses versi Tiongkok dari TikTok itu hanya 40 menit dalam sehari.

Dilansir dari The Verge, Selasa (21/9), perusahaan mengatakan bahwa remaja di bawah 14 tahun hanya akan bisa mengakses Douyin antara pukul 6 pagi sampai 10 malam. Selain itu, aturan tersebut akan berlaku bagi "pengguna yang diautentikasi dengan nama asli" di bawah 14 tahun.

ByteDance juga mendorong agar orangtua membantu anak-anak mereka menyelesaikan proses autentikasi nama asli, atau mengaktifkan youth mode saat diminta oleh aplikasi. Akhir-akhir ini, pemerintah Tiongkok melakukan beberapa upaya untuk mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan remaja di negara itu di dunia maya, yang menurut mereka bisa berbahaya.

Pihak berwenang juga sudah meminta platform game dan perusahaan seperti Douyin, untuk menerapkan identifikasi nama asli bagi semua penggunanya. Proses itu mengharuskan pengguna untuk memberikan nomor telepon dan identifikasi lainnya supaya bisa mengakses game online.

Baca Selanjutnya: Konten Mendidik...

Halaman

(mdk/faz)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami