Cara Batasi Waktu Main Instagram, Cegah Kecanduan Medsos!

TEKNOLOGI | 20 Juni 2019 16:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Kecanduan media sosial adalah hal yang nyata di masa kini. Tak terasa sering mengakses media sosial, kita tak sadar bisa lupa waktu dan abai dengan tanggung jawab.

Nah, Instagram tidak ingin penggunanya jadi terlalu candu media sosial karena terlalu lama menggunakan platform-nya. Akhirnya, Instagram merilis sebuah tool yang memungkinkan pengguna untuk membatasi waktu di aplikasi tersebut.

Caranya, Anda tinggal membuka opsi Setting di aplikasi Instagram. Kemudian, pilih opsi "Your Activity", kemudian, pilih "Your Time on Facebook".

Pada bagian paling atas, Anda akan melihat dashboard berisi waktu rata-rata yang dihabiskan di aplikasi Instagram.

Di bawah dashboard, pengguna bisa mengatur pengingat harian untuk mengingatkan jika sudah mencapai waktu maksimum untuk menggunakan Instagram di hari tersebut.

Uniknya, pengguna bisa mengubah atau mengganti pengingat ini kapan saja.

Pengguna juga bisa mengetuk "Notification Settings" untuk mengakses pilihan "Mute Push Notifications" guna membatasi notifikasi dari Instagram pada saat-saat di mana mereka tidak ingin diganggu.

Fitur ini dikembangkan lewat kolaborasi dengan pakar dan organisasi kesehatan mental serta para akademisi, didukung dengan riset mendalam dan saran langsung dari para pengguna Instagram.

Dia mengatakan, dengan perangkat ini pengguna bisa memiliki kontrol terhadap waktu yang ingin dihabiskan di platform Instagram. Selain itu, perangkat ini juga bisa digunakan untuk mendukung percakapan orangtua dan anak-anak tentang kebiasaan bermedia sosial yang tepat untuk mereka.

Semoga berguna!

Sumber
Reporter: Jeko I.R

Baca juga:
Fitur Whatsapp Terbaru untuk Android
Pengguna Diminta Tak Mudah Terprovokasi Ajakan Sebar Kekerasan di Medsos
Facebook Akan Rilis Libra, Mata Uang Kripto Saingan Bitcoin
Moeldoko Sebut Polisi Razia WhatsApp Grup Demi Keamanan Nasional
Jika Tak Ramai Hoaks Selama Sidang MK, Kominfo Pastikan Tidak Batasi Akses Medsos
6 Akun Filter Instagram yang Wajib Anda Follow, Story Dijamin Makin Kece!
Layanan Streaming Jadi Primadona Pengguna Smartfren saat Lebaran

(mdk/idc)