Cara Koneksikan Kontroler Fisik Dengan HP Android

Cara Koneksikan Kontroler Fisik Dengan HP Android
Kontroler iPhone. ©2021 9to5Mac
TEKNOLOGI | 27 Januari 2021 17:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Hadirnya deretan gim Android dengan kualitas papan atas masih akan terus terjadi, seiring spesifikasi HP yang juga makin tinggi.

Namun tak jarang, respons kontrol sentuh yang ada di smartphone terkadang kurang memenuhi kebutuhan pemain.

Sebagai gantinya, Anda sebenarnya dapat memanfaatkan kontroler pihak ketiga untuk merasakan pengalaman bermain yang lebih baik. Terlebih, sejumlah gim di Android juga sudah mendukung kontroler fisik, sehingga pengalaman bermain lebih optimal.

Untuk bermain gim di perangkat Android, Anda juga tidak perlu membeli kontroler khusus. Anda bisa memakai kontroler dari konsol lain, seperti PS4, Xbox One, hingga Nintendo Switch.

Nah, untuk mengetahui cara menghubungkan kontroler fisik dengan perangkat Android, berikut ini ada beberapa langkahnya seperti dikutip dari Make Use Of via Tekno Liputan6.com.

1. Kontroler USB

Kalau Anda ingin memakai kontroler USB biasa sebagai kontroler, diperlukan kabel USB-OTG. Dengan dongle khusus ini, perangkat Android-mu dapat membaca perangkat lain dengan keluaran USB standar.

Kabel khusus ini dapat dengan mudah Anda temukan di sejumlah toko online atau toko offline. Namun sebelum membelinya, pastikan untuk membeli yang sesuai dengan port di perangkat Android-mu, apakah USB Type-C atau micro-USB.

2. Kontroler Bluetooth

Apabila Anda sudah memiliki kontroler bluetooth biasa, tidak diperlukan dongle tambahan. Sebab, seluruh perangkat Android saat ini sudah dibekali dengan fitur bluetooth.

Jadi, Anda tinggal mengaktifkan fitur bluetooth di smartphone dan menghubungkannya dengan kontroler. Hanya perlu diingat, ada beberapa gim yang membutuhkan software tambahan untuk dapat dikendalikan lewat kontroler.

3. Kontroler Xbox One

Untuk menghubungkan kontroler Xbox One dengan perangkat Android, Anda dapat memanfaatkan koneksi bluetooth. Akan tetapi, pastikan baterai kontroler itu sudah terisi penuh.

Setelah itu, Anda tinggal menahan tombol Sync dalam beberapa detik. Begitu terbaca di perangkatmu, tinggal hubungkan dan ikuti instruksi selanjutnya untuk dapat langsung bermain.

Baca Selanjutnya: 4 Kontroler PlayStation 4 Sony sudah...

Halaman

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami