Cara Logout Akun Gmail di Android dan iOS, Mudah!

TEKNOLOGI | 22 Oktober 2019 10:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Gmail adalah layanan surel dari Google di mana tiap pengguna Android harus terhubung lewat akun ini. Untuk membuatnya sendiri sifatnya gratis, sehingga semua orang yang memiliki HP pastilah juga memiliki email.

Saat Gmail pertama kali diperkenalkan, perkembangannya terbatas hanya dengan mengizinkan pengguna untuk mengundang teman-teman mereka untuk membuat akun Gmail. Sistem undangan terbatas secara resmi berakhir pada 14 Februari 2007.

Namun ternyata tak sedikit dari para penggunanya ingin mengeluarkan akun gmail tersebut dari smartphone mereka. Namun masalahnya masih banyak yang belum mengetahui cara untuk logout akun Gmail pada smartphone terutama bagi orang awam.

Berikut cara logout Gmail di HP seperti yang dirangkum dari Tekno Liputan6.com berikut ini.

1 dari 4 halaman

Cara Logout Lewat Aplikasi

Cara logout Gmail satu-satunya solusi untuk cara keluar dari akun Gmail di ponsel adalah dengan menghapus akun Google. Menghapus akun Google yang dimaksud bukan berarti Anda akan kehilangan email Anda, Anda hanya menghapusnya dari smartphone Anda.

Dengan cara ini, seluruh data di akun Google di smartphone Anda akan hilang, mulai dari kontak, pesan, dan lain-lain. Berikut caranya.

  1. Cara logout Gmail yang pertama buka aplikasi Gmail di smartphone Anda, lalu tap ikon Opsi yang ada di sudut kiri atas. Setelah itu tap pada ikon segitiga yang mengarah ke bawah.
  2. Langkah selanjutnya cara logout Gmail adalah pilih Manage Accounts. Nantinya Anda akan memilih akun mana yang mau Anda keluarkan (jika memiliki lebih dari satu akun). Setelah itu, pilih Delete Account untuk menghapus akun Google Anda.
  3. Setelah itu akan muncul pop-up konfirmasi, jika setuju langsung saja tap Remove Account. Dengan melakukan cara logout Gmail ini, semua data seperti kontak serta semua aplikasi yang login menggunakan akun ini akan hilang, termasuk Play Store.
2 dari 4 halaman

Cara Logout Gmail di HP Melalui Browser

Cara logout Gmail selain menggunakan aplikasi, Anda juga bisa menggunakan Gmail via aplikasi browser. Untuk menjaga keamanan akun jika sewaktu-waktu HP Anda dipinjam, Anda pastinya jangan sampai lupa untuk logout. Berikut caranya.

  1. Pertama, tap nama akun gmail. Pada halaman utama Gmail, tap ikon opsi yang terletak di sudut kiri atas. Setelah itu tap nama akun Gmail Anda.
  2. Cara logout Gmail selanjutnya pilih opsi Sign Out. Dengan begitu Anda akan diarahkan ke halaman awal. Yaitu posisi dimana Anda harus memasukkan sandi jika ingin masuk. Setelah sandi dimasukan otomatis Gmail Anda akan keluar.
3 dari 4 halaman

Cara Logout Gmail di iPhone dan iPad (iOS)

Bagi Anda pengguna iPhone atau iPad terkadang membutuhkan aplikasi Gmail untuk bisa mengecek email. Selain itu, akun Google juga kadang digunakan untuk masuk ke aplikasi Google seperti Maps atau YouTube. Cara logout Gmail di hp iPhone atau iPad cukup mudah caranya.

  1. Buka aplikasi Gmail
  2. Klik opsi menu di kiri atas
  3. Klik akun Anda (berbentuk foto)
  4. Klik "Kelola Akun" atau "Manage Account"
  5. Setelah itu klik "Edit" lalu "Hapus."
4 dari 4 halaman

Cara Logout Gmail di PC

  1. Cara logout Gmail yang pertama adalah tap foto profil akun Gmail Anda. Letaknya ada di sudut kanan atas.
  2. Setelah itu akan muncul pop-up, pilih saja Sign Out. Dengan begitu Anda sudah logout dari akun Gmail.
(mdk/idc)

Baca juga:
Ini Cara Bersihkan Headphone Jack di Smartphone yang Kotor
5 Trik Tersembunyi Untuk Bikin WhatsApp Makin Menarik
Cara Aktifkan Dark Mode di iPhone
Cara Ubah Audio Jadi Teks Gunakan Google Recorder
Apa Itu Fitur HDR di Kamera Smartphone?
4 Cara Atasi Kamera iPhone yang Error, Mudah!
3 Tips Amankan WhatsApp Agar Privasi Lebih Terjaga

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.