Cara Periksa Follower Instagram Palsu, Mudah dan Sederhana

TEKNOLOGI | 7 Desember 2019 09:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Mungkin rasanya mengagetkan ketika melihat akun Instagram seseorang atau sebuah toko online yang tak terlalu terkenal, namum followernya punya angka yang masif. Namun saat ini, hal ini sangatlah lazim, meskipun ternyata banyak yang menggunakan follower palsu.

Yap, pembelian follower adalah hal yang sudah lazim. Hal ini sederhana, dilakukan untuk menambah followers agar terlihat memiliki banyak follower.

Oleh karena itu, bila Anda penasaran apakah follower Instagram seseorang itu asli atau palsu, begini cara memeriksanya. Melansir Tekno Liputan6.com, berikut ulasannya. Simak yuk!

1 dari 3 halaman

Bandingkan Jumlah Like dengan Jumlah Follower

Cara pertama untuk mengecek apakah suatu akun Instagram followersnya asli atau palsu adalah dengan membandingkan jumlah like dan jumlah follower-nya.

Biasanya jumlah like sebuah foto yang udah diunggah lebih dari satu hari itu ada sekitar 5 persen hingga 25 persen followers akun tersebut.

Hitung-hitungannya bisa seperti ini, jika followers 1000, seharusnya foto yang baru diunggah sehari sebelumnya memiliki 150 like. Bila hal ini yang terlihat, berarti orang tersebut tidak beli followers.

Selanjutnya, jika followers 1000, tetapi jumlah like di foto yang baru diunggah sehari sebelumnya hanya 50 like, berarti orang tersebut bisa jadi membeli followers, meski dengan jumlah yang tak banyak. Jika jumlah lebih sedikit dari itu, kecurigaan dalam membeli tentu makin tebal.

Anda juga bisa melihat foto-foto awal yang kemungkinan masih belum membeli follower. Jika memang sedikit, teori ini bisa jadi benar.

2 dari 3 halaman

Bandingkan Komentar Dengan Jumlah Follower

Cara kedua untuk mengecek apakah suatu akun Instagram followersnya asli atau palsu adalah dengan membandingkan komentar dan jumlah follower-nya.

Sering juga Anda lihat, akun Instagram yang memiliki begitu banyak follower, tapi di setiap postingannya hanya sedikit yang berkomentar. Hal ini juga dapat menjadi tolak ukur apakah follower orang tersebut adalah asli atau palsu.

Di sini hitung-hitungannya adalah, dalam 5000 followers, biasanya akan ada setidaknya 13 komentar tiap postingan, dan begitu seterusnya.

Bila followers Instagram yang Anda lihat lebih dari 5000, tetapi komennya bahkan tidak mencapai 10, atau bahkan tidak ada, berarti terang saja akun itu memiliki followers palsu.

Di sini juga ada catatannya. Karena ada situs-situs yang menawarkan like dan komentar otomatis, bisa saja akun Instagram yang Anda lihat tersebut telah memakai cara ini.

Anda bisa lihat bila apakah followers ini asli atau palsu berdasarkan komentarnya. Bila komentarnya cenderung mirip, kemungkinan itu adalah followers palsu.

3 dari 3 halaman

Cek Akun Followers

Cara terakhir untuk mengetahui apakah follower Instagram asli atau palsu adalah dengan memeriksa semua akun-akun yang menjadi followers akun yang Anda teliti.

Cara ini adalah cara yang paling merepotkan, karena mengharuskan Anda untuk melihat satu per satu followers yang banyak.

Cara melihatnya sebenarnya tidak susah. Akun palsu biasanya menggunakan profile picture dari Google dan biasanya belum pernah memposting apapun. Selain itu, biasanya akun palsu tersebut tidak memiliki follower, tapi memiliki sangat banyak following.

Bila akun yang Anda lihat memiliki followers dengan ciri-ciri tersebut di atas, berarti kemungkinan besar akun tersebut memiliki followers palsu.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Nisa Mutia Sari (mdk/idc)

Baca juga:
Cara Mudah Backup Data di Android, Tak Perlu Memori Tambahan Lagi!
3 Pro Kontra Terkain Konsep Cashless, Setuju?
Balasan Twit Bisa Disembunyikan, Ini Caranya!
4 Cara Terbaik Mengecas Smartphone, Baterai dan Charger Tetap Sehat!
Cara Mudah Kenali Konten Hoaks, Sudah Tahu?
4 Cara Cek Kualitas Smartphone Bekas, Awas Salah Beli!
5 Cara Download Video Youtube tanpa Software

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.