Cerdasnya Anjing, Binatang yang Tak Bisa Dibohongi!

TEKNOLOGI | 19 November 2019 07:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Anjing telah lama disebut sebagai binatang yang cerdas. Namun kecerdasannya lebih dari sekedar menurut kepada kita ataupun sifat setianya yang tak pernah padam. Anjing bahkan bisa memahami apapun yang kita bicarakan.

Mungkin menurut Anda konyol, namun hal ini benar adanya. Hal ini bukanlah bualan belaka, karena sebuah penelitian membuktikannya.

Bahkan jika kita berkata kasar kepada anjing kita, ia akan mengerti. Meski perkataan kasar itu dikatakan dengan nada yang lembut atau ramah.

Dilansir dari The Verge, penelitian yang dilakukan di Eötvös Loránd University di Hungaria, meneliti anjing di sebuah alat pemindai MRI. Penelitian ini dilakukan kepada anjing yang telah dilatih untuk duduk diam.

Para ilmuwan yang dipimpin oleh Attila Andics ini merekam bagaimana otak anjing bereaksi ketika para pelatih mengatakan berbagai kombinasi kata dengan berbagai nada juga.

1 dari 1 halaman

Kecerdasan Serupa Manusia

Dari penelitian ini, ditemukan bahwa anjing dapat mengerti berbagai perbedaan kata dan intonasi. Bahkan otak mereka melakukan pemrosesan bahasa sama persis dengan bagaimana manusia memproses informasi bahasa.

Para peneliti merekrut 13 anjing dari berbagai ras untuk menjadi partisipan. Ras anjing ini terdiri dari border collie, golden retriever, serta German shepherd.

Umur anjing yang jadi partisipan ini pun bervariasi, mulai dari satu hingga 12 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan cara memutar sebuah rekaman pelatih anjing mereka mengatakan berbagai kombinasi kata dan nada kepada sang anjing.

Dari sini diketahui bahwa anjing memproses informasi bahasa yang meliputi kosakata dan nada bicara di salah satu bagian tertentu dari otak, yakni bagian kiri otak.

Setelah itu, informasi tersebut dikombinasikan untuk menemukan maknanya. Hal ini sama persis dengan proses yang dilakukan manusia.

Pada manusia, bagian kiri dari otaklah yang memproses kosakata dan bahasa.

Yang terpenting, ternyata anjing sama sekali tidak bisa dikelabui dengan perkataan dan perbuatan. Hal ini dikarenakan mereka bisa mendeteksi kosakata dan nada bicara dengan baik, layaknya lawan bicara kita ini adalah manusia.

Jadi, mulai sekarang berperilaku lebih baik kepada anjing, ya! (mdk/idc)

Baca juga:
Ini 5 Hal yang Terjadi Pada Semesta di Hari Kiamat, Tak Mungkin Selamat?
Penelitian Ungkap Syarat Utama Untuk Jadi 'Spider-Man', Apa Itu?
Ini Alasan Mengapa Kura-kura Bisa Hidup Panjang Umur, Hingga Ratusan Tahun!
Rahasia Sukseskan Kencan Pertama Berdasarkan Ilmu Pengetahuan, Layak Dicoba!
Cara China Menyiapkan Misi ke Mars
Penjelasan Ilmiah Soal Barang Baru yang 'Masih Bau Toko', Kok Bisa?
Ini Penjelasan Ilmiah Mengapa Kucing Dibuang Bisa Pulang ke Rumah