Daftar Lima Smartphone Android Terbaik 2018

TEKNOLOGI | 24 Januari 2019 08:00 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Di jagat smartphone saat ini tinggal dua kiblat sistem operasi, yakni Android dan iOS. Namun pada perkembangannya, Android dinilai sebagai sistem operasi yang multifungsi dan jauh lebih beragam, sehingga banyak pemakainya merasa puas saat menggunakannya. Di Indonesia, sebagian besar memang mencari Android karena berbagai faktor, seperti harga, varian, dan sebagainya. Apalagi sekarang banyak gamer yang nyaman menggunakan Android dibandingkan iOS.

Sepanjang tahun lalu, kami mencatat lima smartphone Android yang dinobatkan sebagai yang terbaik, yang dirangkum dari berbagai sumber. Namun, jangan lupa juga untuk beli kuota internet dengan cek cara beli paket internet Telkomsel di sini. Berikut lima smartphone Android terbaik 2018 tersebut:

1. Xiaomi Redmi 5
Produk-produk dari produsen asal Tiongkok, Xiaomi, ini bisa dibilang termurah di kelasnya. Anda bisa mendapatkan RAM sebesar 3 GB, ROM 32 GB, dan layar sebesar 5,7 inci dengan rasio 18:9 hanya dengan membayar kurang dari Rp 2 juta. Dengan RAM dan ROM sebesar itu, pastinya lancar saat menggunakan aplikasi sehari-hari dan bermain media sosial.

Slot SIM pada Xiaomi Redmi 5 menggunakan dual SIM nano-hybrid, yang pada slot SIM kedua dapat digunakan sebagai tempat kartu SIM atau kartu microSD. Selain itu, kapasitas baterainya sebesar 3.300 mAh yang di atas rata-rata untuk smartphone di bawah Rp 2 juta. Bagi Anda yang mempertimbangkan bujet, tapi menginginkan performa smartphone andal, smartphone ini sangat cocok!

2. Xiaomi Mi A1

Umumnya setiap produsen smartphone Android memiliki user interface atau sistem antarmuka sendiri, seperti Xiaomi dengan MiUI. Namun, Xiaomi Mi A1 menggunakan antarmuka milik Google; Android One. Kelebihan dari Android One adalah menggunakan memori lebih sedikit daripada antarmuka dari produsen lain dan juga mendapatkan pembaruan Android P pada 2019.

Dengan antarmuka Android One, smartphone ini memiliki ruang penyimpanan untuk foto yang tak terbatas dari Google Photos. Kamera belakangnya mengusung dual kamera sebesar 12 MP, sehingga dapat menghasilkan foto bokeh. Smartphone ini cocok bagi Anda yang mengikuti perkembangan teknologi dan tidak ingin ketinggalan pembaruan Android terbaru.

Huawei Nova 2i © Yuga Tech yugatech.com

3. Huawei Nova 2i

Smartphone ini memiliki dual kamera pada bagian depan dan belakang, dengan resolusi kamera belakang 16 MP dan 2 MP, serta kamera depan 13 MP dan 2 MP. Nilai plus dari teknologi dual kamera ini adalah efek bokeh yang ditimbulkan pada kameranya. Dengan efek tersebut, Anda bisa membuat foto dengan efek 'romantis' pada titik cahaya yang seharusnya buram.

Smartphone ini memiliki layar lebar 5,5 inci dan bezel tipis yang memiliki tampilan futuristik. Dibekali dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB, Anda dapat menjalankan banyak aplikasi dan bermain game lebih lancar. Smartphone ini cocok bagi Anda yang menyukai fotografi dan bermain game di Android.

4. Samsung Galaxy J7 Pro
Smartphone dengan fitur Near Field Communication (NFC) memang belum banyak beredar di Indonesia. Rata-rata smartphone dengan fitur NFC mempunyai harga yang mahal. Namun, Samsung Galaxy J7 Pro ini memiliki harga terjangkau untuk kalangan menengah. Fitur NFC juga sangat berguna untuk mengecek jumlah saldo dan mengisi uang elektrik yang menjadi kebutuhan masyarakat zaman sekarang.

Smartphone yang juga mendukung jaringan 4,5G ini memiliki varian warna unik. Warna pink-nya berbeda dengan warna rose gold yang banyak digunakan oleh produsen merek lainnya. RAM 3 GB, ROM 32 GB, serta kamera depan-belakang sebesar 13 MP semakin melengkapi performa dari smartphone ini. Pastinya smartphone ini cocok untuk Anda yang menyukai warna pink.

Peluncuran Samsung Galaxy Note 8 di Indonesia ©2017 merdeka.com/djoko poerwanto

5. Samsung Galaxy Note 8

Bagi Anda yang suka dengan dimensi layar besar, smartphone ini merupakan pilihan tepat. Dilengkapi Layar lebar dengan ujung bulat dan bezel tipis, Samsung Galaxy Note 8 tampil mewah dan futuristik. Dengan LTE Cat 16, Samsung Galaxy Note 8 juga dapat menangkap jaringan 4,5G supaya mendapat akses internet lebih cepat.

Soal baterai, Galaxy Note 8 dibekali baterai berdaya 3.300 mAh yang dapat digunakan sepanjang hari. Terdapat pula fitur fast charging dan wireless charging dengan perangkat wireless charger yang dijual terpisah. Dengan RAM sebesar 6 GB dan ROM sebesar 64 GB, smartphone ini sangat nyaman, bila digunakan untuk bermain game dengan grafis tinggi.

(mdk/sya)

TOPIK TERKAIT