Dari Kamar Tidur Hingga Satu Rumah, Sejumlah Barang Ini Sudah Terganti Oleh Ponsel

Dari Kamar Tidur Hingga Satu Rumah, Sejumlah Barang Ini Sudah Terganti Oleh Ponsel
ilustrasi HP. pexels
TEKNOLOGI | 3 Mei 2022 08:00 Reporter : magang1

Merdeka.com - Generasi awal telepon genggam atau ponsel memiliki kemampuan yang jauh berbeda dengan ponsel zaman sekarang.

Dulunya hanya digunakan sesuai namanya—melakukan dan menerima panggilan telepon, kini ponsel berkembang menjadi smartphone.

Sepanjang perkembangannya, ada segudang perangkat lain baik itu elektronik maupun tidak telah diambil alih fungsinya oleh smartphone yang all-in-one. Barang-barang yang tidak terduga juga perlahan tergantikan oleh smartphone.

Kira-kira apa saja yang diambil alih oleh smartphone? Berikut kami kumpulkan sejumlah barang esensial di kehidupan sehari-hari yang mulai digantikan oleh smartphone!

2 dari 4 halaman

Jam Weker

Jam weker alias alarm sudah lama tergantikan oleh smartphone. Jika dulu sekali jam weker menjadi barang wajib di kamar tidur, kini keberadaan jam weker cenderung menjadi penghias kamar.

Tidak hanya fungsi alarm, berbagai perangkat jam sepenuhnya telah dimiliki oleh smartphone mulai dari timer, stopwatch, hingga bisa menunjukkan waktu di negara lain secara real time.

Global Positioning System

Sering disingkat GPS, alat yang sering digunakan dalam aktivitas luar guna menavigasi tempat kini juga dimiliki oleh smartphone.

Google Maps yang kini dimiliki oleh seluruh smartphone memungkinkan penggunanya untuk mencari lokasi dan mengukur jarak dimana pun di muka bumi. Rasanya seperti dengan adanya smartphone, Anda hampir tidak bisa tersesat.

3 dari 4 halaman

Dompet

ilustrasi menggunakan hp
pexels

Siapa sangka jika dompet, barang yang tidak memiliki aspek elektronik ini akan tergantikan oleh smartphone. Meski belum sepenuhnya, namun fungsi utama dompet yang menjadi tempat menyimpan uang sudah bisa diganti dengan smartphone.

Berkat mobile banking dan digital payment, kehidupan tanpa uang tunai atau cashless sudah menjadi gaya hidup masa kini.

Kamera

Jelas, salah satu fitur smartphone yang banyak dibanggakan oleh berbagai perusahaan adalah kameranya. Kini sulit menemukan smartphone yang hanya memiliki satu kamera belakang.

Semua smartphone berlomba-lomba menghadirkan fitur kamera dari berbagai sudut dan efek yang apik. Bahkan sudah banyak tren yang mana orang-orang mencoba membuat iklan ala profesional dari berbagai produk hanya dengan menggunakan kamera smartphone!

4 dari 4 halaman

Remote

ilustrasi smart home
pexels

Mungkin fungsinya yang belum terlalu umum digunakan di Indonesia, namun kini smartphone bisa menjadi remote pengatur rumah—iya, rumah.

Dengan adanya teknologi Smart Home, kini segala perangkat rumah dapat diautomatisasi dan dikontrol melalui smartphone.

Mulai dari menyalakan TV, mematikan lampu, hingga melihat CCTV. Fungsi ini juga tentu didukung oleh perangkat smart home yang bisa terhubung dengan smartphone.

Perkembangan smartphone memang terbilang sudah sangat jauh. Kini, segala bentuk aktivitas yang belum terpikir sebelumnya sudah bisa dilakukan melalui HP. Menurut Anda, teknologi apa selanjutnya yang akan dirangkap oleh smartphone?

  (mdk/mgs)

Baca juga:
Ini 5 Rekomendasi HP dengan Kamera Terbaik di Bawah Rp 4 Juta
Bulan Ramadan Dianggap Momen Tepat Ganti Smartphone
Blackvue Rilis Dashcam dengan Fitur Driver Monitoring System, Bisa Cegah Kecelakaan
Anak Muda, Gadget dan Peluang Raup Pundi-Pundi Kekayaan
Apple Dikabarkan Daftarkan Paten Kontroler Game

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami