Dari Laptop, Acer Kini Pasarkan Solusi Internet of Things di Indonesia

TEKNOLOGI | 8 Agustus 2019 08:26 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Acer yang dikenal sebagai pabrikan laptop, kini merambah bisnis baru; solusi internet of things (IoT) di Indonesia. Menawarkan peningkatan produktivitas dan efisiensi biaya, Acer Indonesia memperkenalkan solusi IoT berupa solusi Acer Smart Water, Smart Power, Ligthing Solutions, dan Smart Agriculture untuk mendukung era industri 4.0.

Riko Gunawan, Head of Commercial Product and Solution Acer Indonesia, menjelaskan diversifikasi usaha dari laptop (hardware) ke solusi IoT memang baru bagi Acer. Inisiasi ini dimulai pada awal 2018. Untuk Indonesia, tahap pertama Acer memperkenalkan solusi IoT di sektor air, listrik, lampu jalan/penerangan, dan pertanian/perkebunan.

Dia mencontohkan Smart Water, Smart Power, Smart Lighting, dan Smart Agriculture sebagai solusi berteknologi IoT yang menghubungkan beberapa perangkat dalam satu integritas jaringan untuk memberikan informasi realtime dan keputusan sesuai dengan kebutuhan organisasi di Indonesia. Seluruh solusi yang diperkenalkan menunjukkan kesiapan Acer dalam membantu perusahaan dan pemerintah memujudkan program Smart City pada 2020.

Caranya, melakukan transformasi digital, sekaligus mempersiapkan pelaku bisnis mengimplementasikan industri 4.0. Solusi tersebut juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi warganya, membuat kota semakin efektif dan efisien, serta meningkatkan daya saing pertumbuhan ekonomi.

“Kami bangga kini Acer sebagai perusahaan teknologi yang menyediakan hardware dan solusi yang end-to-end juga dapat berperan aktif dalam menyambut era industri 4.0 di Indonesia. BIsa membantu pemerintah dan pelaku bisnis mewujudkan smart city pada 2020. Ini sejalan dengan misi pemerintah untuk membangun Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital di Asia," ujar Riko yang dijumpai di kanrornya di Jakarta, Rabu (7/8).

Menurut Riko, solusi IoT Acer menyasar segmen korporasi dan pemerintah, karena potensinya besar terutama dengan adanya agenda 100 Smart City pada 2020. Mengutip data Kementerian Komunikasi dan Informatika, pada 2022 ekosistem bisnis IoT bernilai Rp 444 triliun di Indonesia.

"Kolaborasi antara swasta, pemerintah, dan penyedia solusi merupakan tiga hal penting dalam komponen Smart City, dan kami di Acer sudah mempersiapkan semua perangkat tersebut untuk bersama-sama membantu perusahaan dan pemerintah melakukan transformasi digital menuju smart city," tambah Didit Haryanto, Commercial Product Manager and Pre-sales Acer Indonesia.

(mdk/sya)