Di lima negara ini, internetan pakai smartphone bisa secepat kilat

TEKNOLOGI | 11 Maret 2015 17:08 Reporter : Bramy Biantoro

Merdeka.com - Masyarakat Indonesia mungkin sudah akrab dengan internet lambat saat online via smartphone. Namun, tidak dengan penduduk di lima negara ini. Sebab, negara mereka diklaim menyediakan internet tercepat di dunia.

Hasil penelitian ini diungkap oleh Netradar, penyedia aplikasi mobile yang bertugas menganalisis kecepatan koneksi gadget mobile. Menurut Netradar, negara nomor satu dengan internet mobile tercepat adalah Denmark.

Di negara yang terletak di kawasan Eropa itu, kecepatan internet via smartphone mencapai 22,3 Mbit/s. Dengan kecepatan itu, Anda bisa mengunduh video berkualitas HD dalam hitungan menit bahkan detik.

Di posisi kedua ada wakil dari Asia, bukan Korea Selatan, melainkan Singapura. Penduduk negeri kecil tetangga Indonesia ini menikmati internet mobile dengan kecepatan 16,9 Mbit/s.

Setelah Singapura, ada dua negara Eropa lain, yakni Swiss dengan 16,6 Mbit/s, lalu Norwegia dengan 14,8 Mbit/s. Posisi paling buncit menjadi milik Korea Selatan yang mengukir kecepatan 13 Mbit/s.

Lebih lanjut, menurut pimpinan proyek Netradar, ada setidaknya beberapa faktor yang membuat negara-negara di dunia mempunyai kecepatan internet mobile yang berbeda. Selain jaringan operator dan jenis paket internet, faktor lain yang berpengaruh adalah jenis smartphone, jarak pengguna dengan antena BTS, hingga jenis dataran negara tersebut.


Rupa dan spesifikasi LG G4 terbongkar, tampak lebih 'seksi'
HTC One E9, calon pesaing nomor satu Galaxy S6
Aspek ini bakal buat smartphone Nexus terbaru sangat mengesankan
Ini harga Asus Zenfone 2, varian RAM 4GB dibanderol Rp 3,7 juta
Meski rupiah melemah, harga smartphone ASUS tetap murah

(mdk/bbo)

TOPIK TERKAIT