Diperkenalkan 2018, Mirrorless Full Frame Berbasis Android ini Akhirnya Rilis

Diperkenalkan 2018, Mirrorless Full Frame Berbasis Android ini Akhirnya Rilis
TEKNOLOGI | 30 Oktober 2020 17:41 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Salah satu kamera tercanggih yang menggunakan sistem operasi Android, yakni Zeiss ZX1 sudah dumumkan sejak 2018. Ternyata butuh hampir dua tahun untuk akhirnya perangkat ini dirilis.

Informasi ini datang dari distributor kamera B&H Photo yang mengirim email kepada DPReview bahwa Zeiss ZX1 sudah bisa dipesan dengan harga USD 6.000 atau sekitar Rp 88,5 juta.

Sebagaimana dilansir The Verge via Tekno Liputan6.com, spesifikasi dari Zeiss ZX1 yakni sensor full frame 37MP, lensa FIX 35mm f/2, jendela bidik elektronik, serta tiga dial untuk mengontrol aperture, kecepatan rana, dan ISO.

Kamera ini memiliki layar sentuh 4,3 inci dan menjalankan sistem operasi Android, termasuk versi built-in Adobe Lightroom sehingga Anda dapat mengedit langsung di perangkat itu sendiri.

Mengenai konektivitas dan penyimpanan, Zeiss ZX1 dipersenjatai koneksi Wi-Fi, USB-C, dan penyimpanan internal 512GB. Kamera tersebut bisa dikatakan layak dibandingkan dengan kamera saku Sony RX1, yang juga dilengkapi sensor full-frame dan lensa 35mm f/2 bermerek Zeiss.

Kamera ini dirilis pada tahun 2015 dengan harga USD 3.300 (sekitar Rp 49 juta). Namun, kamera Sony tidak dilengkapi Lightroom, namun dimensinya jauh lebih kecil. Perbandingan lain dalam segmen kamera compact full-frame premium adalah Leica Q2, yang dijual seharga US$ 4.995 (sekitar Rp 73,6 juta).

Baca Selanjutnya: Layak Beli?...

Halaman

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami