Diprediksi Akan Ada Badai Matahari, Ini Penjelasan dan Bahayanya!

TEKNOLOGI | 15 Maret 2019 11:16 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Website informasi aktivitas matahari Spaceweather.com menyebut bahwa akan terjadi badai matahari pada Jumat (15/3/2019) waktu Inggris (atau perkiraan kasar hari Sabtu waktu WIB).

Melansir websitenya, Badai ini adalah dampak dari lubang di atmosfer terluar matahari yang berlubang besar dengan "bentuk seperti ngarai (canyon)". Lubang ini melepaskan rentetan sinar kosmik dan disebut sedang mengarah ke Bumi.

Jika ditanya soal bahaya dari badai ini, website tersebut menyebut bahwa badai ini tak berbahaya. Meski demikian, ada beberapa dampak yang cukup berarti. Disebut, GPS akan tak berfungsi, sinyal seluler dan televisi digital akan terganggu selama sesaat.

Minimnya risiko ini karena medan magnet Bumi memang dapat melindungi umat manusia dari rentetan radiasi. Meski demikian, satelit yang berada di ruang angkasa bisa terkena dampak karena hantaman panasnya atmosfer Bumi yang terpapan badai matahari. Jadi, teknologi berbasis satelit yang kita gunakan akan sedikit terdampak.

Disebut juga di website tersebut, jumlah radiasi yang tinggi dari badai matahari juga memberi sedikit risiko terhadap kanker. Namun hal ini tidak mendapat dukungan dan penjelasan ilmiah dari ilmuwan.

Baca juga:

Melihat Alat Laboratorium Uji Balai Riset Budidaya Ikan Hias di Depok

Kecanggihan Printer 3D Medis Ini Bisa Tambal Luka

Masyarakat Masih Kurang Paham Bahaya Sampah Elektronik

Malam Ini Ada Fenomena Super Snow Moon, Ini Penjelasannya!

Kalau Bintang Bisa Mati, Apakah Matahari Bisa Berhenti Bersinar?

Teknologi Selamatkan Umat Manusia Dari Mitos Ramalan Cuaca dari Marmut

Penjelasan Ilmiah Soal Sedikitnya Batasan Jumlah Sahabat yang Ideal

(mdk/idc)