Dirjen APTIKA: Pasal 27 Ayat 3 UU ITE Itu Permasalahan Antar Masyarakat

Dirjen APTIKA: Pasal 27 Ayat 3 UU ITE Itu Permasalahan Antar Masyarakat
TEKNOLOGI | 20 Oktober 2020 15:17 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Dirjen Aplikasi dan Informatika (APTIKA) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Semuel Abrijani Pangerapan menilai bahwa pandangan masyarakat mengenai Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) membahayakan kebebasan berekspresi adalah keliru. Menurutnya, UU ITE tidak memiliki tujuan demikian.

"Saya rasa enggak. Begini, UU ITE itu dilihatnya seperti jalan raya. Jalan raya tanpa rambu-rambu, apakah kita lebih lancar? Pasti akan ada tabrakan," ungkap pria yang akrab disapa Semmy ini saat konferensi pers virtual, Senin (19/10).

Dilanjutkan Semmy, pada dasarnya UU ITE dibuat dengan semangat menjaga ketertiban di jagad media sosial. Tidak ada sedikitpun pasal-pasal yang menurutnya berupaya untuk memberangus kebebasan berekspresi.

"Kalau yang sering diangkat di masyarakat adalah pasal 27 ayat 3, itu adalah permasalahan antarmasyarakat. Bukan antara negara dengan masyarakat. Ini perlu dipahami. Jadi sekali lagi, tidak ada upaya untuk memberangus hak berdemokrasi masyarakat dalam dunia digital. Tujuan UU ITE untuk menjaga ketertiban semata di ruang digital," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Aturan Pemblokiran Medsos...

Halaman

(mdk/faz)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami