Dirut BAKTI: Telkom dan Lintasarta Ujicoba Palapa Ring Tengah

TEKNOLOGI | 20 Maret 2019 15:19 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Anang Latif mengatakan, Palapa Ring Tengah secara konstruksi telah selesai 100 persen semenjak akhir tahun lalu. Saat ini, sedang dilakukan ujicoba oleh beberapa operator.

"Kami masih melakukan ujicoba sampai dengan akhir Maret ini. Ada beberapa operator yang setahu saya sudah ujicoba untuk Palapa Ring Tengah ini," ungkapnya kepada awak media di kantornya, Jakarta, Rabu (20/3).

Lebih lanjut dikatakan Anang, setahu dia beberapa operator yang sudah melakukan ujicoba adalah Telkom dan Lintasarta. Nantinya, setelah bulan Maret ini, BAKTI akan segera merilis harga komersial penyewaan Palapa Ring Tengah.

"Kalau sudah selesai, kita akan merilis harga Palapa Ring Tengah. Kita sudah bicara juga ke operator," terangnya.

Anang pun percaya diri, jika nanti banyak operator yang akan menggunakan Palapa Ring Tengah. Sebab, Palapa Ring Tengah akan mencakup lebih banyak kota dibandingkan Palapa Ring Barat.

Perlu diketahui, Palapa Ring Tengah yang dibangun melintasi Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara itu terdiri atas kabel darat sepanjang 1.326,22 km kabel darat dan 1,787,06 km kabel laut.

"Saya kira peminat yang di Palapa Ring Barat akan tertarik menyewa di Palapa Ring Tengah. Begitu juga nantinya ketika Palapa Ring Timur beroperasi," ungkap dia.

Baca juga:
Telin Pamerkan Potensi Pasar Digital Indonesia
Apa itu Tol Langit? Begini kata Dirut BAKTI
Pantai Pandawa Bali Diselimuti 4G Smartfren
Akhir Maret, 4G XL Hadir di Kepulauan Anambas
Di Daerah ini, Teknologi 5G Ditentang Karena Alasan Kesehatan
Smartfren Mulai Pancarkan Sinyal 4G di Natuna
Indosat Paparkan Kinerja Triwulan 4 2018, Begini Hasilnya

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT