Discord Down, Jaringan Cloudflare dan Verizon Jadi Kambing Hitam

TEKNOLOGI | 25 Juni 2019 12:14 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Aplikasi chat populer Discord mengalami down hari ini (25/6/2019). Hal ini dikarenakan bermasalahnya jaringan Cloudflare dan deretan masalah internet yang disebabkan oleh provider internet Verizon.

Melansir The Verge, jutaan pengguna tak dapat diakses oleh pengguna, dan bahkan situs web resmi Discord tak bisa dibuka.

Cloudflare sendiri adlaah sebuah CDN atau Content Delivery Network yang punya keunggulan untuk memfilter traffic dan mempercepat akses kepada website. Discord sendiri berbasis Cloudflare dan saat ini Cloudflare memang sedang down. Tak cuma Discord, beberapa aplikasi berbasis Cloudflare lain seperti Feedly dan Crunchyroll, juga down.

Cloudflare menyebut bahwa hal ini disebabkan oleh "kebocoran rute" yang mempengaruhi beberapa jaringannya. Discord sendiri telah merilis pernyataan yang menyebut bahwa situsnya sedang down, menulis "Berpegangan kuat. Belai kucing Anda."

Sang CEO dari Cloudflare menyeret kambing hitam lain untuk peristiwa down ini. Di Twitter, CEO Cloudflare Matthew Prince lewat akunnya @eastdakota menyebut Verizon adalah salah satu penyebab.

"Tim-tim di Verizon dan Noction harusnya sangat malu atas kegagalan mereka pagi ini yang mempengaruhi Cloudflare dan sebagian besar aktivitas internet lainnya," tulis Matthew Prince. "Sangat absurd bagaimana BGP (Border Gateway Protocol) mereka begitu rapuh. Lebih absurd lagi Verizon akan menerima rute tanpa filter dasar,"

Saat ini, setelah kebocoran rute BGP yang mempengaruhi sejumlah layanan internet dan traffic Cloudflare, pemadaman jaringan telah diperbaiki dan traffic kembali normal.

Baca juga:
Fitur Whatsapp Terbaru untuk Android
OYO Lite, Solusi Pemudik Lancar Berselancar di Dunia Maya selama Mudik
Spotify Pasang Fitur Baru di Android, Hindarkan Bocor Paket Data
Ini Cara Menggunakan Fitur AR Canggih di Google Maps
Klaim Diri Privasi Aman, iPhone Disisipi 5.400 Aplikasi Tersembunyi yang Lacak Data
Kepolisian Tokyo Kembangkan Aplikasi Cegah Pelecehan Seksual
Microsoft Kini Bisa Ubah Data dari Selembar Kertas ke Dokumen Excel, Ini Caranya!

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT