Facebook Akan Rilis Libra, Mata Uang Kripto Saingan Bitcoin

TEKNOLOGI | 19 Juni 2019 11:42 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Facebook akan terjun di dunia mata uang kripto lewat Libra. Mata uang kripto ini akan muncul bersama dompet kripto bernama Calibra.

Melansir Android Authority, Calibra melalui calibra.com akan menampung dompet digital dari deretan perusahaan yang ada di bawah Facebook, serta menyediakan layanan keuangan berbasis jaringan Libra.

Mata uang kripto ini didukung oleh blockchain dan akan segera tersedia di iOS dan Android di dalam Facebook Messenger Android dan WhatsApp, serta sebagai aplikasi mandiri.

Facebook menyebut bahwa Libra akan diluncurkan secara resmi pada tahun 2020.

Keunggulan Libra

Libra sendiri awalnya ditujukan Facebook untuk jadi platform pengiriman uang secara langsung dengan biaya rendah atau nol. Model ini mirip yang digunakan oleh mata uang kripto yang telah populer sebelumnya yakni Ethereum, yang menggunakan biaya 'gas' atau lebih mudahnya layaknya uang bensin.

Dicontohkan adalah jika Anda mengonversi Dollar ke Libra, lalu mengirim Libra ke seseorang di Indonesia, dan Dollar tersebut akan dikonversi ke Rupiah tanpa kehilangan prosentase potongan atau biaya administrasi bank. Bisa juga digunakan untuk pengiriman PayPal tanpa biaya dan juga berlangganan Spotify premium tanpa potongan.

Facebook juga menjamin bahwa data transksi Libra akan bersifat pribadi dan tak akan dibagikan dengan mitra dan bahkan Facebook sendiri. Sehingga tak perlu dikhawatirkan data Anda dimanfaatkan untuk iklan tertarget.

Bahkan, Anda tidak butuh akun Facebook untuk menggunakannya. Jadi, ini adalah platform yang disendirikan dari keutuhan Facebook dan jajarannya sebagai media sosial.

Untuk Libra juga, Facebook berhasil menggandeng deretan perusahaan elit, mulai dari Mastercard, Visa, eBay, PayPal, Spotify, Coinbase, Uber, Lyft, serta Vodafone.

Menarik?

Baca juga:
Politikus Gerindra Kaget Lihat Kantor Facebook dan Instagram Hanya Sewa Ruangan Kecil
2 Hari Akun Diblokir, Politikus Andre Rosiade Datangi Kantor Facebook & Instagram
Pemuda Temukan Bug di WhatsApp, Facebook beri Hadiah Rp 71 Juta
Facebook Akan Bayar Orang yang Rela Informasinya Dilacak, Tertarik?
Ngerinya Video Palsu Mark Zuckerberg Bicara Soal Pencurian Data
Begini Hasil Survei Facebook Kepada Pengguna saat Ramadan
Facebook, Instagram, dan WhatsApp Dipastikan Tetap Ada di Smartphone Huawei

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT