Facebook Anggap Dokumenter 'The Social Dilemma' Menyimpang

Facebook Anggap Dokumenter 'The Social Dilemma' Menyimpang
TEKNOLOGI | 30 Oktober 2020 13:27 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - beberapa waktu lalu, aplikasi streamng Netflix merilis sebuah dokumenter baru tentang media sosial, berjudul 'The Social Dilemma'. Dokumenter ini mengungkap algoritma media sosial yang membentuk perilaku bersosial media pengguna.

Terbaru, jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook, memberikan tanggapan negatif atas film dokumenter besutan Jeff Orlowski itu.

Dalam tanggapannya, Facebook mengatakan film tersebut secara tidak adil telah menuding Facebook sebagai biang kerok atas masalah-masalah yang sebelumnya sudah ada di masyarakat. Bahkan Facebook beranggapan film itu bergantung pada berbagai sensasi untuk membuktikan argumennya.

"Alih-alih menawarkan pandangan yang berbeda pada teknologi, film ini memberikan pandangan menyimpang tentang bagaimana platform media sosial bekerja untuk menciptakan kambing hitam atas masalah masyarakat yang sulit dan kompleks," demikian respons Facebook, seperti tertulis di lamannya yang dimuat Tekno Liputan6.com.

Facebook lebih lanjut mengatakan, pembuat film tidak memasukkan wawasan dari mereka yang saat ini masih bekerja atau pakar yang memiliki pandangan berbeda atas narasi yang dikemukakan.

"Mereka (pembuat film) juga tidak mengakui secara kritis upaya yang diambil perusahaan untuk mengatasi berbagai masalah yang mereka angkat. Sebaliknya, mereka mengandalkan komentar dari orang-orang yang tidak berada di dalam (perusahaan) selama bertahun-tahun," tulis Facebook.

Facebook menyajikan bantahan atas film 'The Social Dilemma' dalam dua lembar pdf. Ada tujuh butir hal yang disoroti Facebook sebagai respons atas film dokumenter itu.

Baca Selanjutnya: 7 Bantahan Facebook...

Halaman

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami