Facebook Kenalkan Fitur Klaim Foto, Ancam Kreator Meme?

Facebook Kenalkan Fitur Klaim Foto, Ancam Kreator Meme?
TEKNOLOGI | 20 Oktober 2020 12:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Tools terbaru dari Facebook adalah rights management tools atau tools manajemen hak. Fitur ini membiarkan pembuat konten untuk mengklaim kepemilikan atas hak kekayaan intelektual yang digunakan orang lain tanpa izin. Biasanya hal ini terjadi di foto, komik strip, atau bahkan video musik.

Saat ini, Facebook memperluasnya dengan memasukkan foto yang masuk dalam kategori alat manajemen hak. Demikian seperti dilansir Ubergizmo via Tekno Liputan6.com.

"Kami memperkenalkan Rights Manager for Images, versi baru dari Rights Manager yang menggunakan teknologi pencocokan gambar untuk membantu pembuat dan penerbit melindungi dan mengelola konten gambar mereka dalam skala besar," kata

"Rights Manager akan menemukan konten yang cocok di Facebook dan Instagram. Setelan dapat disesuaikan untuk mencocokkan hal-hal seperti kepemilikan yang seharusnya berlaku di seluruh dunia atau hanya di lokasi tertentu,” sambungnya.

Cara Kerja

Cara kerjanya adalah pembuat konten perlu meng-upload file CSV dari gambar mereka dan metadatanya, yang berfungsi seperti "sidik jari" pada gambar.

Berdasarkan hal itu, alat manajemen hak kemudian akan mencoba memantau Facebook untuk kejadian di mana gambar tersebut muncul dan memberi tahu pembuatnya tentang hal itu.

Dari sana, pencipta kemudian dapat memilih apakah mereka ingin membiarkan gambar tersebut, atau mereka bahkan dapat memilih untuk mengeluarkan gambar, atau bahkan memblokirnya agar tidak muncul di wilayah tertentu.

Baca Selanjutnya: Ancam Kreator Meme...

Halaman

(mdk/idc)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami