Facebook Kini Izinkan Pengguna Matikan Tanda Notifikasi Merah

TEKNOLOGI | 14 November 2019 11:30 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Facebook akhirnya menghadirkan pembaruan yang banyak ditunggu oleh penggunanya. Jejaring sosial terkemuka tersebut kini mengizinkan pengguna untuk menonaktifkan tanda notifikasi merah yang biasa muncul di aplikasi mobile mereka.

Hal ini dilakukan untuk membuat pengguna tak terganggu notifikasi yang masuk. Pasalnya selama ini, tiap notifikasi mulai dari aktivitas di Grup, unggahan di wall, sampai ke Marketplace semuanya menampilkan titik merah pada tab Notifikasi sehingga hal ini bisa sangat mengganggu pengguna.

Mengutip laman Tech Crunch via Tekno Liputan6.com, pengguna kini bisa mengontrol tanda merah ini melalui tab Notifikasi.

"Kami menggulirkan bar kontrol navigasi untuk memudahkan pengguna terhubung dengan hal-hal yang mereka sukai dan mengontrol notifikasi yang diterima di aplikasi Facebook," kata seorang juru bicara Facebook.

Pada Juli 2018, Facebook menyebut bakal mulai mempersonalisasi bilah navigasi berdasarkan hal yang paling sering dipakai.

Namun, bilah-bilah navigasi Facebook tampaknya bertujuan memprosikan fitur-fitur populer di Facebook, misalnya Marketplace yang jarang dipakai, ketimbang fitur Event.

1 dari 2 halaman

Cara Ubah Setelan

Untuk menggunakan opsi Shortcut Bar Setting, pengguna bisa meng-tap dan tahan tiap shortcut (pintasan) di bilah navigasi yang ada di bagian paling bawah homescreen Facebook di iOS dan Android.

Pengguna kemudian bisa melihat ada menu pop-up yang bisa dipakai untuk menghapus seluruh tab-nya atau menonaktifkan hanya tombol merah notifikasi.

Pengguna juga dapat menemukannya di menu titik tiga kemudian pilih More > Setting & Privacy > Setting > Shortcut dan menemukan berbagai kemampuan untuk menonaktifkan Marketplace, Group, Events, dan Pages.

2 dari 2 halaman

Sudah Ditemukan Sebelumnya

Sebelumnya, reverse engineer terkemuka Jane Manchun Wong menemukan protitipe ini, termasuk Notification Dots di menu setting-nya.

Seorang juru bicara Facebook mengakui, pengguna perlu memiliki kemampuan untuk beristirahat dari notifikasi di aplikasi mereka.

"Facebook hendak memberikan kontrol lebih ke pengguna untuk bisa mengatur mana yang relevan untuk mereka dan mana yang tidak," kata juru bicara tersebut.

Sumber: Liputan6.com (mdk/idc)

Baca juga:
Pendiri WhatsApp Ajak Hapus Akun Facebook
Facebook Ungkap Developer Aplikasi Dapat Akses Data Anggota Grup
Jack Dorsey Olok Pergantian Logo Baru Facebook
Facebook Usung Logo Baru, Ini Bentuknya!
Facebook Bersihkan Akun Palsu yang Terhubung ke Rusia
Gunakan Kecerdasan Buatan, Facebook Klaim Bisa Kenali Video Deepfake
Mark Zuckerberg Kritisi TikTok Soal Kebebasan Berpendapat

TOPIK TERKAIT