Facebook manfaatkan laser untuk berikan internet gratis

TEKNOLOGI | 28 Maret 2014 16:27 Reporter : Alvin Nouval

Merdeka.com - Masih ingat dengan rencana Facebook untuk mengaliri dunia dengan internet lewat pesawat ? Ternyata, tidak hanya lewat drone saja, nantinya laser dan satelit juga akan turut digunakan untuk hal itu.

Seperti yang dilansir Mashable (27/3), ada tiga perantara bagi Facebook guna memberikan para negara tertinggal dengan akses internet gratis. Tiga cara itu adalah lewat drone, satelit, dan laser yang semuanya dikembangkan sendiri oleh Connectivity Lab, sebuah tim yang ditunjuk sendiri oleh Zuckerberg untuk tugas itu.

Connectivity Lab diminta mampu menghadirkan sebuah platform baru di mana konektivitas internet bisa tercipta di darat, udara, bahkan orbit bumi. "Menghubungkan dunia (dengan internet) akan membutuhkan sebuah teknologi baru," jelas Zuckerberg.

Beberapa anggota yang tergabung dalam Connectivity Lab ini antara lain adalah teknisi NASA, National Optical Astronomy Observatory dan Ascenta, sebuah produsen drone tenaga surya.

Dengan langkah ini, Zuckerberg berharap akan lebih banyak orang mampu mengakses internet gratis. Saat ini sendiri ada 3 juta orang lagi yang terhubung internet seperti di Filipina dan Paraguay yang sudah merasakan bantuan dari internet.org. (mdk/nvl)

China: Amerika, jangan mata-matai kami!

Telkomsel gelar program Genggam Internet

Masyarakat Indonesia puas dan buas dalam berbelanja online

Bayar SPT Tahunan Pribadi kini tak perlu repot

Kritik pemerintah, blogger Vietnam dipenjara

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.