Fitur Enkripsi Google Bakal Ditanamkan pada Aplikasi SMS Besutannya

Fitur Enkripsi Google Bakal Ditanamkan pada Aplikasi SMS Besutannya
TEKNOLOGI | 26 Mei 2020 08:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Google dilaporkan akan menanamkan fitur enkripsi untuk mendukung keamanan aplikasi Messages. Informasi ini diketahui dari laporan 9to5Google beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Engadget, Senin (25/5), tim 9to5Google menemukan Google ternyata berencana untuk menyertakan fitur end-to-end encryption pada percakapan RCS (Rich Communication Services) di Messages.

Kendati demikian, tidak diungkap lebih jauh cara kerja enkripsi yang akan ada di aplikasi ini. Untuk sekarang, berdasarkan pada kode yang terungkap, uji coba fitur ini baru dilakukan di internal Google saja.

Sebagai informasi, RCS sering disebut-sebut sebagai suksesor langsung layanan SMS maupun MMS. Hal itu wajar mengingat layanan ini menggunakan aplikasi SMS, tapi dengan kemampuan lebih beragam.

1 dari 1 halaman

Google sendiri baru menggulirkan fitur RCS di Messages untuk Amerika Serikat tahun lalu. Dengan fitur ini, pengguna aplikasi Messages dapat berkirim pesan dengan memanfaatkan jaringan internet termasuk berkirim file media.

Tidak hanya itu, pengguna juga nantinya akan mendapat notifikasi apabila pesan yang dikirimkan sudah diterima atau dibuka. Jadi, layanan RCS memang dibuat layaknya aplikasi chatting modern saat ini.

Hanya, saat ini fitur RCS di Messages besutan Google belum mendukung fitur enkripsi, tidak seperti iMessages dari Apple. Karenanya, kehadiran fitur enkripsi ini dapat memperkuat layanan RCS.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Agustinus Mario Damar

(mdk/faz)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5