Fitur Mekari Benefit, Solusi Free Perusahaan Fasilitasi Kebutuhan Karyawan saat WFH

Fitur Mekari Benefit, Solusi Free Perusahaan Fasilitasi Kebutuhan Karyawan saat WFH
TEKNOLOGI | 10 Juni 2020 10:33 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Kegiatan work from home (WFH) yang berjalan selama dua bulan ini menghadirkan transisi baru bagi karyawan dan perusahaan ke new normal. Di masa ini, karyawan harus beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi secara menyeluruh untuk mendukung produktivitas kerja dari rumah. Namun, di sisi lain juga tetap mengedepankan perannya di rumah.

Sementara dengan social distancing, ruang gerak karyawan pun terbatas untuk memenuhi kebutuhan harian. Dengan transisi ini, perusahaan dapat mengambil peran untuk membantu karyawan mengatasi tantangan selama WFH tersebut. Misalnya, memberikan fasilitas benefit yang bisa digunakan karyawan memenuhi kebutuhan esensialnya selama WFH dengan akses yang mudah.

Menjawab kebutuhan baik dari sisi perusahaan (HR) maupun karyawan, Mekari sebagai perusahaan software as a service untuk bisnis UKM dan mid-enterprise, melalui produknya Talenta, software HRIS & payroll berbasis cloud, menghadirkan fitur baru, yakni Mekari Benefit.

Mekari benefit merupakan platform untuk membantu perusahaan mengelola benefit karyawan secara digital dan dapat diakses karyawan dari smartphone. Karyawan dapat menggunakan fasilitas dari beragam vendor rekanan terpilih yang mendukung kebutuhan asuransi, kebutuhan pokok, dan penunjang kebutuhan WFH. Selain itu, integrasi dengan teknologi payroll juga memungkinkan karyawan mengakses benefit yang tersedia dengan opsi menggunakan gaji pribadi karyawan.

Hal tersebut menjadikan Mekari Benefit sebagai platform benefit karyawan pertama di Indonesia yang dapat menerapkan skema salary sacrifice.

Suwandi Soh, CEO Mekari, menjelaskan pihaknya ingin memfasilitasi perusahaan dan karyawan dalam menyediakan dan mengakses benefit karyawan yang relevan, tepat guna, dan tepat sasaran agar semangat dan produktivitas karyawan terjaga di masa sulit ini.

Dengan Mekari Benefit, perusahaan dapat memberikan serangkaian kebutuhan yang esensial selama WFH kepada karyawan dengan harga lebih terjangkau tanpa harus mencari dan bernegosiasi dengan vendor atau penyedia layanan, karena tersedia dan siap digunakan di platform ini.

"Rekanan terpilih merupakan vendor yang dapat menyediakan kebutuhan karyawan tanpa harus ke luar rumah, sehingga social distancing tetap terlaksana. Mulai dari kebutuhan esensial seperti layanan pengantaran kebutuhan pokok, makanan, katering, dan obat-obatan termasuk kebutuhan penunjang WFH seperti paket data, kredit pulsa, dan token listrik,” ujar Suwandi dalam keterangan resminya, Rabu (10/6).

Di masa pandemi ini, banyak perusahaan cenderung menunda atau mengurangi program benefit karyawan karena alasan bujet. Menariknya, selain solusi ini bersifat gratis untuk diimplementasikan, perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan bujet dalam pemberian manfaat kepada karyawan. Lantaran setiap transaksi pembelian di platform Mekari Benefit, tidak dibebankan tambahan biaya bunga pada gaji karyawan yang bersangkutan di periode penggajian berikutnya, sehingga tidak melibatkan kas perusahaan.

Baca Selanjutnya: Benefit bagi Karyawan...

Halaman

(mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami