Samsung Galaxy S20 Ultra Ubah Momen Ordinary Jadi Extraordinary

Samsung Galaxy S20 Ultra Ubah Momen Ordinary Jadi Extraordinary
TEKNOLOGI | 2 Juni 2020 12:13 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Samsung Galaxy S20 Series (S20|S20+|20 Ultra) baru saja diluncurkan secara resmi di Indonesia pada awal Maret lalu(4/3). Smartphone flagship terbaru keluaran Samsung ini mengandalkan terobosan fitur-fitur kamera super-canggih yang dapat mengubah cara penggunanya untuk mengabadikan momen.

Jadi, tidak heran jika seorang travel photographer sekelas Ivan Mario merasa takjub dengan kecanggihan fitur kamera dari Samsung Galaxy S20 Ultra. Dengan smartphone Galaxy S20 Ultra miliknya, Ivan berbagi cerita tentang bagaimana ia mengabadikan momen-momen berharganya #DiRumahAJa. Pada Video tersebut, Ivan memanfaatkan berbagai fitur favoritnya dari Galaxy S20 Ultra untuk mengubah momen ordinary menjadi extraordinary.

"Bagi saya, photography itu tidak hanya menjadi sebuah pekerjaan, tetapi sudah menjadi sebuah passion. Mengabadikan momen-momen sudah menjadi sesuatu yang saya lakukan secara naluriah. Maka dari itu, ketika saya pertama kali menggunakan Samsung Galaxy S20 Ultra, saya merasa fitur-fiturnya cool banget! Terutama fitur-fitur seperti perekam video 8K, kamera 108 MP, Single Take, Super Steady 2.0, dan Bright Night Mode. Ini bukan hanya sekedar foto dan video biasa, namun bagaimana kita dapat mengabadikan sebuah momen yang memiliki arti berbeda-beda bagi setiap manusia," kata dia.

Penasaran bagaimana performa kamera Galaxy S20 Ultra di mata seorang professional photographer? Simak fitur-fitur favorit dari Galaxy S20 Ultra versi Ivan Mario berikut:

1 dari 3 halaman

Lebih dari Sekedar Video Beresolusi Tinggi

Fitur video beresolusi 8K, memang menjadi salah satu daya tarik dari Samsung Galaxy S20 Ultra bagi pengguna yang hobi mengabadikan momen lebih dari sekedar foto Namun jangan salah, menurut Ivan Mario fitur resolusi 8K ini juga sangat berguna bagi seorang photographer, terutama bagi mereka yang senang mendokumentasikan kehidupan di dalam sebuah frame gambar.

Pastinya, resolusi 8K membuat video yang Ivan ambil menjadi lebih tajam, pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari Ivan Mario muncul dari fitur Smart View yang dimiliki oleh smartphone Galaxy S20 series. Dengan fitur tersebut Ivan Mario dapat memutar-ulang momen-momen keseharian yang ia rekam ke Televisi yang ia miliki untuk dinikmati bersama keluarga, tanpa perlu khawatir gambar yang dihasilkan akan buram.

Selain itu, apabila ada momen-momen di dalam video tersebut yang inginI Ivan bagikan dalam bentuk foto, Ivan tinggal melakukan 8K Snap!, yakni cropping dan zoom, untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi dengan resolusi 33 MP.

Menangkap Hingga Detail Terkecil

Kamera yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki resolusi sebesar 108 MP. Bagi seorang photographer dan pecinta foto, keuntungan memiliki kamera smartphone yang beresolusi tinggi adalah kualitas foto yang dihasilkan sangat tajam dan detail dengan kualitas yang setara dengan DSLR. Sehingga untuk mengabadikan aktivitas sehari-hari di rumah bersama keluarga dengan detail komposisi warna yang kaya dan tajam, Ivan tidak perlu membawa-bawa kamera DSLR kemana-mana.

"Menurut saya, kamera dengan resolusi 108MP pada Galaxy S20 Ultra lebih dari sekedar angka. Saya senang sekali menguji kualitasnya ketika mengambil foto dengan kumpulan warna yang beragam dalam satu frame. Saya juga sering sekali memperbesar (zoom) pada hasil-hasil fotonya dan hasilnya tetap jernih dan sangat memuaskan sekali," lanjut Ivan.


2 dari 3 halaman

Ambil Banyak Momen, Hanya dalam Sekali Jepretan

Salah satu hal yang sulit bagi seorang pecinta foto adalah bagaimana memilih moda jepretan yang tepat untuk mengambil sebuah momen. Karena terkadang sebuah momen tidak cukup apabila diabadikan hanya dalam sebuah foto atau video saja. Dengan moda Single Take, kita tidak perlu khawatir lagi untuk memilih moda jepretan yang diinginkan untuk sebuah momen. Karena hanya dengan sekali jepretan, kita dapat menghasilkan 10 foto dan 4 video dengan style yang berbeda-beda.

"Single Take merupakan sebuah gebrakan yang simple, namun sangat impactful bagi para photographer. Bayangkan kita dapat menghasilkan 10 foto dan 14 video dalam sekali jepret! Ini merupakan inovasi yang sangat menyenangkan karena kita banyak mendapatkan referensi pengambilan yang berbeda-beda dengan waktu yang singkat," kata Ivan.

Selain itu, membagikan momen-momen berharga pada media sosial menjadi lebih mudah bagi Ivan: ia dapat menaruh foto-foto hitam-putih yang dramatis pada feed Instagram, serta menggunakan boomerang untuk membagikan momen lucu bersama keluarga dalam story instagramnya, semua hanya dalam satu jepretan.

Berekspresi dalam Gerakan Lebih Jauh Lagi

Salah satu tantangan dalam menggunakan smartphone sebagai perangkat fotografi adalah tanpa adanya perangkat tambahan seperti stabilizer/gimbal adalah video yang dihasilkan seringkali terlalu berguncang, terutama ketika kita mengambil video sambil bergerak.

Dengan fitur super steady 2.0 yang dimiliki oleh Galaxy S20 Ultra, Ivan tidak perlu membawa perangkat tambahan untuk dapat mengambil momen-momen berharga saat bermain dan berlari-lari dengan anak-anak. Karena dengan mengkombinasikan teknologi Ai Motion Analysis dan Improved Anti-rolling Stabilizer, fitur Super Steady 2.0 ini menghasilkan gambar yang super stabil – bahkan ketika diambil sambal berlari!

 

3 dari 3 halaman

Tanpa Khawatir untuk Mengambil Foto dalam Gelap

Sekarang mengambil night-shot yang cantik dengan smartphone menjadi sangat mudah dengan hadirnya sensor yang lebih besar pada Galaxy S20 Ultra. Ivan membuktikan sendiri dengan mengambil gambar anak-anaknya ketika sedang bermain kembang api. Gambar yang dihasilkan dengan menggunakan fitur Bright Night menghasilkan gambar yang cerah dan tidak grainy tanpa menggunakan flash.

"Saya sangat merekomendasikan Samsung Galaxy S20 Ultra untuk para photographer dan pecinta foto. Karena tidak hanya kemampuannya untuk menghasilkan gambar berkualitas terbaik, namun juga fitur-fitur tambahan yang semakin memudahkan kita untuk mengabadikan momen yang ordinary saja menjadi extraordinary!" tutup Ivan.

 

(mdk/faz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal - MERDEKA BICARA with Khofifah Indar Parawansa

5